Membangun Pendidikan Jasmani Adaptif Dengan Suatu Pendekatan Psychoneurophysiology Pada Paradigma Pendidikan Jasmani Yang Baru
Abstract
Selama ini guru pendidikan jasmani adaptif masih menganggap
bahwa pembelajaran pendidikan jasmani hanya terbatas pada bagaimana
upaya memberikan materi permainan pada peserta didik serta bagaimana
strategi pembelajaran efektif yang digunakan agar peserta didik mencapai
target nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Tak banyak yang mengulas
bagaimana keterkaitan fisiologis peserta didik, kondisi psikologi, dan
optimalisasi rangsangan saraf pada otak saat melakukan tugas gerak dalam
berolahraga. Psychoneurophysiology menghubungkan antara kaitan kondisi
psikis, sistem saraf, dan mekanisme fisiologi pada peserta didik selama
berolahraga guna menunjang keberhasilan paradigma pendidikan jasmani
yang baru.
bahwa pembelajaran pendidikan jasmani hanya terbatas pada bagaimana
upaya memberikan materi permainan pada peserta didik serta bagaimana
strategi pembelajaran efektif yang digunakan agar peserta didik mencapai
target nilai Standar Ketuntasan Minimal (SKM). Tak banyak yang mengulas
bagaimana keterkaitan fisiologis peserta didik, kondisi psikologi, dan
optimalisasi rangsangan saraf pada otak saat melakukan tugas gerak dalam
berolahraga. Psychoneurophysiology menghubungkan antara kaitan kondisi
psikis, sistem saraf, dan mekanisme fisiologi pada peserta didik selama
berolahraga guna menunjang keberhasilan paradigma pendidikan jasmani
yang baru.
Keywords
Pembelajaran, Psychoneurophysiology; paradigma; pendidikan jasmani
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.