Instrumen Penilaian Keterampilan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas X

Eka Novia Setyorini

Abstract


Pada kurikulum 2013 kompetensi keterampilan terdapat dalam
kompetensi inti yang keempat selain itu Permendikbud nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian menyatakan bahwa pendidik menilai kompetensi keterampilan melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik untuk mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio. Salah satu cara menilai kompetensi keterampilan adalah melalui pengamatan langsung terhadap kinerja peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Penilaian kinerja meminta peserta didik untuk mendemostrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditetapkan. Kriteria penilaian disesuaikan dengan kompentesi yang disusun pada instrumen tes. Untuk mendapatkan hasil yang otentik dan menggambarkan kemapuan peserta didik secara obyektif maka instrumen tes harus valid dan reliabel yang disesuaikan dengan karakter peserta didik dan
sarana prasarana yang tersedia.

Keywords


Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan; Instrumen; Penilaian; Keterampilan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.