Mengembangkan Instrumen Kognitif (Pengetahuan) Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XII

Edo Rachmad Ardyanto

Abstract


Evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis untuk
menentukan nilai berdasarkan data yang dikumpulkan melalui pengukuran
(Winarno: 2004). Jadi proses penilaian yang dilakukan harus objektif dan
mengesampingkan unsur subjektif supaya dapat mengetahui kemampuan
sesungguhnya peserta didik. Dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani,
Olahraga, Kesehatan (PJOK) yang terjadi dilapangan, ranah kognitif
(pengetahuan) hanya digunakan sebagai pelengkap nilai. Guru PJOK lebih
banyak menggunakan penilaian pada aspek psikomotor sebagai pedoman
kemampuan siswa. evaluasi pengetahuan dilakukan pada pertengahan
semester, selanjutnya akan disajikan kembali saat ujian akhir semester. Pada
proses penyusunan penilaian pengetahuan guru terkadang tidak membuat
kisi-kisi, tidak memberikan kunci jawaban, dan yang belum dimunculkan
adalah ciri dari soal tersebut belum memperhatikan tingkat berfikir sesuai
dengan kematangan siswa.

Keywords


instrumen; kognitif; PJOK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.