Tuntutan Evaluasi Psikomotorik Dalam Pendidikan Jasmani Berdasarkan Konsep Tumbuh Kembang Adolesensi

Dicke Marita Anggraeni, Winarno Winarno, Sugiharto Sugiharto

Abstract


Tumbuh kembang anak memerlukan penanganan secara khusus,
karena disetiap periode pertumbuhan dan perkembangan anak mempunyai karakteristik gerak yang berbeda. Untuk itu guru profesional sangat perlu menguasai konsep tumbuh kembang anak agar dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik usia mereka. Hal tersebut tidak hanya diterapkan pada saat pembelajaran saja namun dalam memberikan evaluasi psikomotoriknyapun juga perlu diperhatikan. Jika evaluasi psikomotorik belum memperhatikan konsep tumbuh kembang anak, maka yang akan terjadi anak merasa tidak tertarik/tidak antusias dalam proses evaluasi dan dapat berakibat pada nilai sang anak yang tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal sekolah. Untuk itu dalam sebuah pembelajaran perlu adanya tuntutan evaluasi psikomotorik dalam pendidikan jasmani berdasarkan konsep tumbuh kembang anak terutama pada masa adolesensi yang merupakan waktu tepat untuk meningkatkan kemampuan penyempurnaan gerakan dan memperluas keterampilan berbagai macam
kegiatan olahraga.

Keywords


evaluasi psikomotorik; tumbuh kembang anak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.