Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII
Abstract
Proses penilaian merupakan proses yang penting dalam
pembelajaran. Ketepatan proses penilaian akan berguna untuk mengetahui
sejauh mana keberhasilan guru dalam proses pembelajaran serta sebagai
acuan untuk pembelajaran selanjutnya. Instrumen penilaian yang berkualitas
dan memenuhi kriteria tentu dibutuhkan agar penilaian tepat sasaran. Setiap
pembelajaran pada mata pelajaran apapun menuntut tiga aspek yaitu
pengetahuan, keterampilan, dan sikap dapat dipantau dengan baik melalui
sebuah penilaian. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang
lebih mengutamakan aspek keterampilan sering mengabaikan aspek
pengetahuannya. Instrumen penilaian untuk aspek pengetahuan sering dibuat asal-asalan sehingga kemampuan siswa tidak dapat terdeteksi dengan baik.
pembelajaran. Ketepatan proses penilaian akan berguna untuk mengetahui
sejauh mana keberhasilan guru dalam proses pembelajaran serta sebagai
acuan untuk pembelajaran selanjutnya. Instrumen penilaian yang berkualitas
dan memenuhi kriteria tentu dibutuhkan agar penilaian tepat sasaran. Setiap
pembelajaran pada mata pelajaran apapun menuntut tiga aspek yaitu
pengetahuan, keterampilan, dan sikap dapat dipantau dengan baik melalui
sebuah penilaian. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang
lebih mengutamakan aspek keterampilan sering mengabaikan aspek
pengetahuannya. Instrumen penilaian untuk aspek pengetahuan sering dibuat asal-asalan sehingga kemampuan siswa tidak dapat terdeteksi dengan baik.
Keywords
instrumen; penilaian; pengetahuan; PJOK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.