Tuntutan Profesi Guru Penjas Antara Harapan Dan Kenyataan Dalam Menghadapi Era Persaingan Bebas (GLOBAL)
Abstract
harapan masyarakat untuk guru pendidikan jasmani harus mampu
menguasai tumbuh kembang anak sesuai dengan pembelajaran penjas. Di setiap karakteristik anak berbeda- beda dalam stepment dan porsi dalam perkembangan anak. Maka dalam proses pembelajaran penjas guru mampu mengarahkan siswa sesuai dengan hakikat pendidikan jasmani. sedangkan tuntutan profesi guru ada pedagogi, profesional, social, disiplin. Profesionalisme tenaga pendidik merupakan keharusan yang perlu ditingkatkan. Kreativitas menjadi salah satu sarana mewujudkan sebagai sosok guru profesional. Guru profesional itu salah satunya harus bisa mengajar dengan baik dengan menggunakan pendekatan teori, praktek, ilmu, bisa dekat dengan peserta didik, memahami tumbuh kembang anak. Namun pada kenyataanya dalam mengajar kelas berapa saja sama lebih memngutamakan hasil dari pada proses. Hal ini akan mengakibatkan siswa tidak bisa menerima pelajaran sesuai porsi usia anak. Ketika profesional guru tidak sesuai dengan harapan yang ideal maka masyarakat diluar sekolah akan meragukan kualitas guru penjas, dan tidak menutup kemungkinan guru penjas akan tergeser dengan guru asing di era persaingan bebas sekaran g ini.
Untuk itu dalam proses pembelajaran guru perlu meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi era persaingan bebas supaya mampu
bersaing dengan guru asing.
menguasai tumbuh kembang anak sesuai dengan pembelajaran penjas. Di setiap karakteristik anak berbeda- beda dalam stepment dan porsi dalam perkembangan anak. Maka dalam proses pembelajaran penjas guru mampu mengarahkan siswa sesuai dengan hakikat pendidikan jasmani. sedangkan tuntutan profesi guru ada pedagogi, profesional, social, disiplin. Profesionalisme tenaga pendidik merupakan keharusan yang perlu ditingkatkan. Kreativitas menjadi salah satu sarana mewujudkan sebagai sosok guru profesional. Guru profesional itu salah satunya harus bisa mengajar dengan baik dengan menggunakan pendekatan teori, praktek, ilmu, bisa dekat dengan peserta didik, memahami tumbuh kembang anak. Namun pada kenyataanya dalam mengajar kelas berapa saja sama lebih memngutamakan hasil dari pada proses. Hal ini akan mengakibatkan siswa tidak bisa menerima pelajaran sesuai porsi usia anak. Ketika profesional guru tidak sesuai dengan harapan yang ideal maka masyarakat diluar sekolah akan meragukan kualitas guru penjas, dan tidak menutup kemungkinan guru penjas akan tergeser dengan guru asing di era persaingan bebas sekaran g ini.
Untuk itu dalam proses pembelajaran guru perlu meningkatkan profesionalisme dalam menghadapi era persaingan bebas supaya mampu
bersaing dengan guru asing.
Keywords
profesi guru penjas; kompetensi; persaingan bebas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Graduate School of Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.