Permainan Dalam Ranah Afektif (Kerjasama dan Tanggung Jawab) Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Pertama

Angger Gorka Tejamukti

Abstract


Pendidikan jasmani meliputi pembahasan tentang kesehatan,
pengembangan keterampilan, karakter, dan menyenangkan. Pengembangan keterampilan, karakter dan menyenangkan tersebut dapat diperoleh dengan proses pembelajaran pendidikan jasmani. Pendidikan jasmani memperlakukan anak sebagai sebuah kesatuan utuh, mahluk total (afektif, kognitif, psikomotorik). Pendidikan jasmani adalah fase dari program pendidikan keseluruhan yang memberikan kontribusi, terutama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh untuk tiap anak. Pendidikan jasmani didefinisikan sebagai pendidikan dan melallui gerak dan harus dilaksanakan dengan cara-cara yang tepat agar memiliki makna bagi anak. Pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan atau pembelajaran yang mencakup kegiatan jasmani dan dinilai dalam tiga aspek penilaian yaitu
kognitif, afektif, dan psikomotor yang sudah direncanakan secara sistematis. Kompetensi ranah afektif memiliki karakteristik tersendiri. Kompetensi ranah afektif diajarkan dalam bentuk nilai-nilai karakter bangsa dan tidak diajarkan secara terpisah melainkan terintegrasi dengan kompetensi lain. Dalam ranah afektif, guru harus pandai mengaplikasikannya isi materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dan membiasakan peserta didik untuk bersikap dengan baik.
Masa remaja merupakan masa yang banyak menarik perhatian
karena sifat-sifat khasnya dan perannya yang menentukan dalam kehidupan individu dalam masyarakat orang dewasa. Siswa sekolah menengah pertama memiliki usia yang merupakan masa peralihan dari usia anak-anak ke usia yang remaja.

Keywords


Pendidikan Jasmani; Permainan;Afektif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.