Penerapan Permainan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa-Siswi Kelas VIII-1 Mts Nurussaadah

Nofi Marlina Siregar, Abdu Sukur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan
kelompok untuk meningkatkan disiplin siswa-siswi kelas VIII-1 MTs
Nurussaadah. Tempat penelitian dilaksanakan di MTs Nurussaadah
yangberalamat di Jalan Poltangan Raya no. 25 Tanjung Barat, Jagakarsa,
JakartaSelatan. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 3 Desember 2015 s/d 21Desember 2015. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode action research, metode penelitian ini berkembang bersama-sama antara penelitidan kolabolator untuk menentukan kebijakan dalam setiap peningkatan aspek pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs Nurussaadah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 28 orang siswa kelasVIII-1 MTs Nurussaadah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan semua anggota populasi atau yang disebut juga dengan total sampling.
Dari hasil yang di dapat di lapangan dengan memerlukan 2 siklus
dan mendapatkan hasil sebagai berikut: Penerapan permainan kelompok
untuk meningkatkan disiplin siswa-siswi kelas VIII-1 MTs Nurussaadah 1)
Kesadaran dengan kategori baik 60,72% sebanyak 17 orang, kategori cukup 39,28% sebanyak 11 orang, dan kategori kurang 0% atau nihil. 2) Taat dengan kategori baik 96,43% sebanyak 27 orang, kategori cukup 3.57% sebanyak 1 orang, dan kategori kurang 0% atau nihil. 3) Tertib dengan kategori baik 57,14% sebanyak 16 orang, kategori cukup 42,86% sebanyak 12 orang, dan kategori kurang 0% atau nihil. 4) Tanggung Jawab dengan kategori baik 35,72% sebanyak 10 orang, kategori cukup 53,57% sebanyak 15 orang, dan kategori kurang 10,71% sebanyak 3 orang.
Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan disiplin siswa dari
penerapan permainan kelompok terhadap disiplin siswa-siswi kelas VIII-1
MTs Nurussaadah pada siklus 1 dan hasil yang baik baru didapatkan pada
siklus 2. Karena hasil yang paling banyak di dapat dari keseluruhan disiplin siswa pada siklus 2 kelas VIII-1 MTs Nurussaadah berada pada kategori baik, yang berarti disiplin mereka sudah baik dan dari hasil penelitian ini diharapkan kegiatan seperti permainan kelompok harus rutin dilakukan, karena untuk mengubah diri menjadi disiplin seseorang harus membiasakan diri disiplin dalam berbagai aspek di kehidupan sehari-hari baik disekolah, dirumah atau dimanapun siswa itu melakuan aktifitas.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Olahraga
Graduate School of Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang Kode Pos 65145
Telp (0341) 0341-551334; & 0341-551312

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.