Joko Rahmanto, Muhammad Huda A. Y, Achmad Supriyanto

 

Pascasarjana Universitas Negeri Malang

Program Studi Manajemen Pendidikan

Email: jokorahmanto212@gmail.com

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lebih dalam kurikulum 2013, perencanaan sampai tahap evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 pada sekolah sasaran, yaitu (1) SDN 1 Tekaran; (2) SDN 2 Bulusulur. Fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) Perencanaan kurikulum 2013 pada sekolah sasaran; (2) Pelaksanaan kurikulum 2013 pada sekolah sasaran; (3) Evaluasi kurikulum 2013 pada sekolah sasaran; dan (4) Faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013 pada sekolah sasaran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs dengan orientasi pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum 2013, yaitu melakukan berbagai hal persiapan, seperti mengikuti pelatihan, seminar Kurikulum 2013; (2) Pelaksanaan kurikulum 2013, yaitu mulai tanggal 19 Juli 2013 di kelas I dan IV; (3) Evaluasi kurikulum, yaitu menggunakan monitoring pengisian kuesioner pada setiap 3 bulan sekali; (4) Faktor pendukung dan penghambat kurikulum 2013, yaitu faktor pendukung (pelatihan dan seminar kurikulum 2013 dari LPMP, mendapatkan buku modul kurikulum 2013), penghambat (sistem penilaian yang dinilai lebih rumit, kurangnya fasilitas, sarana dan prasarana).

 

Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Sekolah Sasaran

× How can I help you?