gambar1

          Pada hari Kamis, 28 Mei 2015 pukul 08.00 WIB, Pascasarjana Universitas Negeri Malang mengadakan Kuliah Umum bertempat di Gedung Aula Pascasarjana H3.209. Dalam acara tersebut menghadirkan pemateri yaitu Prof. Dr. Siusana Kweldju dari The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO). Prof. Dr. I. Nyoman Sudana Degeng, M.Pd selaku Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Malang sebagai pembuka disambut dengan baik oleh Mahasiswa Pemprov Jatim.

          Tema kuliah umum tersebut yaitu mengenai Internasionalisasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Indonesia. Pembahasan tersebut fokus pada tiga hal yaitu menjadi tenaga pendidik (guru) berstandar nasional, berwawasan global dan untuk mengatasi permasalahan lokal. Prof. Dr. Siusana Kweldju mengemukakan beberapa topik yang dibahas mengenai Internasionalisasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Indonesia: (1) Tujuan Internasionalisasi pendidikan dan internasionalisasi guru, (2) Negara tujuan guru-guru atau mahasiswa S2 dengan beasiswa Pemprov Jawa Timur, (3) Pertanyaan dan permintaan yang sering diajukan mahasiswa, (4) Apakah dengan program belajar di luar negeri, berarti guru-guru yang mahasiswa S2 telah diinternasionalisasi?, (5) Mengapa dibutuhkan program ini?, (6) Kondisi Provinsi Jawa Timur, (7) Apa yang dimaksud dengan internasionalisasi?, (8) Perlukah Internasionalisasi?, (9) Peningkatan kualitas, (10) Bagaimana supaya program ini dapat berhasil?.

          Internasionalisasi guru yang disampaikan oleh Prof. Dr. Siusana Kweldju bertujuan untuk menginternasionalisasikan guru adalah memberi peluang kepada guru untuk siap berubah, menjadi pengubah yang fundamental atau patriotic transformer dan mengarahkan pemikiran pada globalisasi. Internasionalisasi pendidikan dapat juga dipandang sebagai sebuah upaya bagi peserta didik untuk memenuhi kriteria kualifikasi internasional, memahami kultur lain, mengkritisi struktur nilai dan kebiasaan sendiri, menemukan persoalan-persoalan yang perlu diatasi dalam kaitannya dengan perubahan dan kepentingan pada skala internasional serta memahami interaksi kemanusiaan pada tingkat internasional.

Materi Kuliah Umum dapat diunduh pada tautan berikut : Internasionalisasi Pendidikan Pemprov Jatim, 28 Mei 2015.

id_IDIndonesian