PENGGUNAAN FX DRAW UNTUK MEMAHAMKAN

 KONSEP KESEBANGUNAN MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IX.4 SMPN 23 MALANG

 

Latar Belakang Masalah Penelitian

Berdasarkan informasi dari guru pengajar matematika di tahun ajaran sebelumnya siswa kelas IX di SMPN 23 Malang hasil pencapaian belajar matematika nya masih rendah. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah kesebangunan pada bangun datar. Sebagian besar siswa masih kesulitan menentukan panjang sisi yang belum diketahui pada dua bangun datar yang sebangun disebabkan pemahaman yang kurang maksimal terhadap konsep kesebangunan. Kesulitan ini ditandai dengan beberapa hal sebagai berikut, (1) siswa salah menentukan sisi yang bersesuaian, (2) tidak dapat secara langsung menentukan pasangan sudut yang sama besar diantara dua segitiga sebangun, (3) sulit menentukan pasangan segitiga yang sebangun apabila gambar yang disajikan segitiga terlihat menumpuk, (4) salah menghitung panjang sisi yang belum diketahui karena tidak paham konsep pecahan senilai  dan (5) guru selalu mengulang menjelaskan materi setiap kali siswa menemui soal kesebangunan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut direncanakan pembelajaran kesebangunan dengan metode penemuan terbimbing  berbantuan FXDraw. Alasan penggunaan aplikasi ini karena, (1) siswa tertarik dengan pembelajaran matematika berbantuan komputer karena terkesan tidak ketinggalan jaman, (2)pada pembelajaran materi geometri dan persamaan garis lurus pernah menggunakan FXDraw, (3) dengan tools mark angle ukuran sudut langsung diketahui, dan (4) panjang sisi bangun datar diketahui cukup dengan mengklik pada sisi yang dimaksud. Penemuan terbimbing dipilih didukung oleh pendapat Sobel dan Maletsky(1975:126) bahwa metode yang cocok untuk siswa berkemampuan sedang dan rendah adalah metode penemuan terbimbing. Kemampuan penguasaan matematika siswa kelas IX di sekolah ini dikatakan rendah karena (1) terdapat 53% siswa kelas  VIII yang mendapat nilai kurang dari 70  saat Ulangan Akhir Semester Genap tahun  pelajaran 2014/2015 untuk mata pelajaran Matematika, (2) rata-rata nilai Ujian Nasional tahun pelajaran 2014/2015 pada  pelajaran Matematika sebesar 48,43 dan (3) input nilai UASBN siswa pada saat Penerimaan Peserta Didik Baru selama beberapa tahun terakhir berada di peringkat 5 terbawah se kota Malang. Berdasarkan  wawancara yang dilakukan pada awal semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 terhadap 3 siswa kelas IX yang mendapat nilai kurang dari KKM. Salah satu penyebab rendahnya nilai siswa adalah  (1) siswa menganggap Matematika sebagai pelajaran yang sulit dipelajari apalagi dipahami meskipun sesungguhnya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari yang diperoleh dari belajar Matematika terutama pada kegiatan ekonomi dan (2) siswa malas belajar dan kurang fokus saat mengikuti pembelajaran di kelas.

 

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Penggunaan FX Draw untuk memahamkan konsep kesebangunan melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas IX SMPN 23 Malang.

 

Manfaat Penelitian

Dari hasil penelitian yang dilakukan diharapkan memberi manfaat,

  1. Bagi Guru Matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas IX hasil penelitian dapat digunakan sebagai pengalaman dan pengetahuan yang berharga dalam menyusun desain pembelajaran yang lebih variatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam konsep Kesebangunan.
  2. Bagi Penulis, hasil penelitian ini dapat memberikan pengalaman langsung dalam merancang kegiatan pembelajaran yang aktif dan menarik minat siswa digunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian sejenis.
  3. Bagi pembaca, hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas yang berkaitan dengan membelajarkan konsep kesebangunan bangun datar.

setyaning dewi a s2 mat

Dibimbing oleh :

  1. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc
  2. Sri Mulyati, M.Pd.

Pada tanggal 5 September 2016 telah dipertahankan di depan dewan penguji sebagai berikut,

  1. Abdur Rahman As’ari, M.Pd., M.A
  2. Edy Bambang Irawan, M.Pd.
  3. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc
  4. Sri Mulyati, M.Pd.

 

id_IDIndonesian