Kurnia Dewi Anjani (GEO)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Motivasi belajar siswa sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa di kelas berpengaruh terhadap keberlangsungan pembelajaran dan juga menurunnya prestasi siswa. Salah satu faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yaitu pelaksanaan pembelajaran di kelas yang kurang menarik menarik minat siswa. Oleh karenanya perlu pembelajaran dengan suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa tertarik yaitu model pembelajaran berupa permainan. Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Model pembelajaran TGT memiliki ciri khas berupa permainan dan turnamen yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada penelitian ini model pembelajaran TGT diterapkan pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di SMA Islam Malang.

Berdasarkan  pada  kelebihan dan karakteristik model pembelajaran tipe TGT tersebut, maka model pembelajaran TGT diterapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa agar prestasi belajarnya tinggi. Hal ini sangat penting terutama diterapkan pada mata pelajaran geografi, karena minat dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi masih tergolong rendah, tidak terkecuali siswa yang ada di kelas X SMA Islam Kota Malang. Oleh karenanya perlu dilakukan penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi materi hidrosfer di SMA Islam Kota Malang. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu ”Apakah ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar siswa SMA?”. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan  dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar SMA.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Peneliti selanjutnya
    • Penelitian ini diharapkan mampu menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang pengaruh suatu model pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini juga dapat dijadikan bukti empirik yang dapat digunakan sebagai masukan bagi penelitian selanjutnya, khususnya yang berkaitan dengan model pembelajaran Team Games Tournament  (TGT).
  2. Guru
    • Penelitian ini diharapkan menambah khazanah ilmu pengetahuan tentang model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Geografi.
  1. Sekolah
    • Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam membuat kebijakan mengenai upaya peningkatan pembelajaran Geografi.

 

Pembimbing

  1. Dr. Ach. Fatchan, M. Pd, M. P
  2. Ach. Amirudin, M. Pd

BIODATA DIRI

Kurnia Dewi Anjani dilahirkan di Kabupaten Malang pada tanggal 30 September 1987. Anak kedua dari 2 bersaudara. Pendidikan SD ditempuh pada tahun 1994-2000 di SD Negeri Ampeldento 1 Pakis, Malang, Pendidikan Menengah Pertama ditempuh pada tahun 2000-2003 di SMP Negeri 21 Malang, kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 10 Malang ditempuh pada tahun 2003-2006. Pada tahun 2007 melanjutkan pendidikan S-1 di Universitas Negeri Malang Jurusan Geografi Program Studi Pendidikan Geografi. Pada tahun 2013 melanjutkan pendidikan S-2 di Pascasarjana Universitas Negeri Malang Program Studi Geografi.

id_IDIndonesian