PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E

PADA MATERI HIDOSFER UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

 SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MADIUN

 

Fenomena yang terjadi di SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun menunjukkan masih banyak siswa yang belum mampu mencapai kompetensi dasar  pada suatu konsep materi geografi dalam proses pembelajaran, sehingga perolehan hasil belajar tidak maksimal. Fakta tersebut bisa dilihat dari hasil ulangan harian yang mereka peroleh. Selain itu bisa dilihat pertanyaan yang diajukan siswa pada saat pembelajaran masih pada tingkat kongnitif rendah. Kondis ini dapat menimbulkan  permasalahan yaitu siswa kurang terbuka wawasan berpikir dan sikap kritis siswa tidak terbangun.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran learning cycle 7E mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammmadiyah 1 Kota Madiun tahun pelajaran 2015/1016. Subyek  penelitian siswa kelas X yang berjumlah 14 siswa. Pelaksanaan siklus melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian adalah hasil observasi dan nilai tes siswa. Data dianalisis dengan statistika sederhana yaitu prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 69,92%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 76,71%, sehingga ada peningkatan 7,71% antar siklus I dengan siklus II. Pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 7e dapat dijadikan alternatife dalam pembelajaran karena model pembelajaran ini siswa diajarkan dengan tujuh tahapan yaitu : elicit, engage, explore, explain, elaborate, extend, evaluate yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang sesuai tuntutan abad 21.

2

Dewan Penguji

  1. Dr. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si
  2. Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.

Pembimbing

  1. Prof.Dr. Budijanto, M.Sos.
  2. Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D

Biodata Penulis

NAMA                                             : PARTINI, S.Pd

NIM                                                : 140721808537

TEMPAT DAN TANGGAL LAHIR  : MAGETAN, 12 JANUARI 1977

JENIS KELAMIN                             : PEREMPUAN

AGAMA                                           : ISLAM

ALAMAT                                         : Jln. MERBABU Gg. PANTIWANGUNAN   NO. 1 KOTA MADIUN

STATUS                                           : KAWIN

PEKERJAAN                                    : PNS

INSTANSI                                        : SMA MUHAMMADIYAH 1 KOTA MADIUN

 

id_IDIndonesian