PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI GEOGRAFI

UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

SMA IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO

 

Literasi geografi merupakan kemampuan seseorang dalam memahami kegeografian (lokasi, tempat, hubungan, gerakan, dan wilayah) untuk memecahkan masalah sehingga memiliki sikap yang peka terhadap diri dan lingkungan serta dapat mengambil sebuah keputusan dalam kegeografian. Literasi geografi dapat digunakan model pembelajaran di kelas karena dapat meningkatkan pemahaman akan konsep geografi dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran lebih bermakna. Peneliti menggunakan model pembelajaran literasi geografi karena pembelajaran guru cenderung membosankan dengan menggunakan model yang kurang komunikatif dan bervariasi. Hasil observasi awal di kelas X IPS 1 menunjukkan siswa sulit mencerna konsep geografi yang diberikan guru dengan baik. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tanpa konsep yang jelas secara geografi. Perolehan rata-rata nilai ulangan harian yang lebih rendah dari pada kelas lain. Hal ini diperparah dengan jadwal mengajar di kelas X IPS 1 di jam terakhir. Jam pelajaran terakhir membuat siswa merasa ngantuk dan pembelajaran menjadi kurang efektif.

            Rumasan masalah yang digunakan apakah penerapan model pembelajaran literasi geografi dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X IPS 1 SMA Ibrahimy Sukorejo Situbondo pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data berasal dari siswa, observer, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa nilai tes hasil belajar siswa berupa soal uraian pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Data yang terkumpul akan dianalisis, dievaluasi dan direfleksi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran literasi geografi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa SMA Ibrahimy Sukorejo. Hal ini dibuktikan dari peningkatan per pertemuan dan siklus. Hasil belajar dengan post test mengalami peningkatan sebesar 10,31% dari siklus I sebesar 80,47% ke siklus II sebesar 90,78%. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan kliping sebesar 3,44% dari siklus I sebesar 92,81% ke siklus II sebesar 96,25%. dan portofolio sebesar 6,72% dari siklus I sebesar 90,31% ke siklus II sebesar 97,03%.

1 2

 

Dewan Penguji

  1. Dr. Ach. Fatchan, M. Pd, M. P
  2. Syamsul Bachri, S. Si, M. Sc., Ph. D

 

Pembimbing

  1. Dr. Sumarmi, M. Pd
  2. Singgih Susilo, M. S, M. Si

Biodata Penulis

 

Nama                                        : Arif Susanto

NIM                                           : 140721808527

Tempat, Tanggal Lahir           : Situbondo, 12 Agustus 1987

Alamat lengkap                       : Jl Utara Pabrik Kapas Wringin Anom Rt/Rw 03/08 Asembagus Situbondo

Telepon                                    : 085236391413

E-mail                                        : arifzhibond@gmail.com

Riwayat Pendidikan                : TK Dharma Wanita Wringin Anom

                                                     SDN 2 Wringin Anom

                                                     SMPN 2 Asembagus

                                                     SMAN 1 Asembagus

                                                     Universitas Negeri Malang (Prodi Geografi)

Pengalaman Mengajar           : SMA Ibrahimy Sukorejo (aktif)

 

id_IDIndonesian