PENGEMBANGAN ECONOMICS POCKET BOOK BERBASIS QUANTUM LEARNING

UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

 

  1. Latar Belakang

Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya (Rahardja, 2008:3). Ekonomi menjadi salah satu mata pelajaran yang diberikan pada tingkat pendidikan dasar sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial sedangkan pada tingkat pendidikan menengah, ekonomi diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri. Tujuan mata pelajaran ekonomi agar peserta didik memiliki kemampuan antara lain: (1) memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, (2) menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi, (3) membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi, dan  (4) membuat keputusan yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014:14).

Sesuai dengan observasi awal peneliti pada beberapa SMA di Malang biasanya sumber belajar yang digunakan pada mata pelajaran ekonomi berupa buku paket, lembar kerja siswa, dan modul. Selain itu hasil wawancara menyebutkan bahwa sumber belajar yang dimiliki siswa saat ini hanya dapat dibaca saat pelajaran atau maksimal pinjaman selama satu minggu karena buku tersebut merupakan milik perpustakaan sekolah. Pengakuan siswa lainnya menyatakan bahwa sumber belajar tersebut hanya dibaca saat mendapatkan tugas pada mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti pada saat observasi awal yakni diperoleh juga suatu informasi bahwa siswa kelas XII tertarik pada (1) buku ekonomi yang terdiri dari kalimat, gambar dan kata-kata motivasi, (2) menginginkan buku ekonomi yang memuat ringkasan materi mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII, (3) menginginkan buku ekonomi yang ringan dan mudah dibawa, (4) tertarik untuk membaca buku ekonomi dengan kertas berwarna dengan kualitas kertas HVS atau glosy, serta (5) menginginkan buku ukuran kecil seperti buku saku ekonomi sehingga mudah dibaca secara mandiri dimana saja dan kapan saja.

Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti ingin membuat suatu inovasi mengenai pengembangan bahan ajar yang mudah dibawa ke mana-mana, menarik, mampu menginspirasi siswa untuk belajar ekonomi dan berpihak pada pembentukan karakter bangsa Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan pemaparan Sa’dun Akbar (2015:35) yang memaparkan bahwa salah satu ciri bahan ajar yang baik yakni berpihak pada ideologi bangsa dan negara yang mendukung pertumbuhan nilai kemanusiaan, rasa nasionalisme dan cara berpikir logis. Sesuai dengan pemaparan DePorter (2014:35) bahwa belajar itu melibatkan semua aspek kepribadian manusia berupa pikiran, perasaan dan bahasa tubuh di samping pengetahuan, sikap, dan keyakinan sebelumnya serta persepsi masa mendatang. Selain itu pengemasan materi ekonomi agar menarik minat pembaca yakni dengan quantum learning. Quantum Learning  berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov (DePorter 1999:14), seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebut dengan “Suggestology” atau “suggestopedia”. Prinsipnya adalah bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apapun memberikan sugesti positif dan negatif. Quantum learning meningkatkan peran siswa sebagai pelajar seumur hidup selain itu quantum learning memikul tanggung jawab demi meningkatkan kualitas hidup siswa dengan belajar sedapat mungkin dari setiap situasi.

Penggunaan economics pocket book berbasis quantum learning memungkinkan pembaca memperoleh motivasi dalam mempelajari ilmu ekonomi.  Economics pocket book berbasis quantum learning  dilengkapi kata-kata afirmasi dengan perpaduan warna tulisan dan variasi penataan letak gambar serta materi pada umumnya yang akan terkesan menyenangkan dan membuat pembaca nyaman saat membacanya. Economics pocket book  yang berbasis quantum learning  mengupayakan bentuk suatu buku yang terdiri dari kalimat dan ilustrasi gambar sehingga membuat belajar menjadi simple, fun, dan efektif. Hal ini sesuai dengan penemuan-penemuan dari penelitian mengenai nilai guna gambar menurut Brown dalam Wilkinson (1984:23) bahwa penggunaan gambar dapat merangsang minat atau perhatian siswa, gambar-gambar yang dipilih dan diadaptasi secara tepat juga dapat membantu siswa memahami dan mengingat isi informasi verbal yang menyertainya.

Kerangka rancangan dari economics pocket book  yakni memberikan pemaparan materi ekonomi ke dalam sebuah bahan cetak dengan cara (1) menumbuhkan, (2) mengalami, (3) menamai, (4) mendemonstrasikan, (5) mengulangi dan (6) merayakan. Asumsi yang digunakan dalam pengembangan ini yakni (1) economics pocket book  berukuran minimal A6 (10,5 cm x 14,8 cm) sehingga mudah dibawa dan dibaca dimana saja,  (2) dapat dibaca oleh semua kalangan baik siswa, guru maupun masyarakat serta (3) materi yang dimuat disesuaikan dengan kebutuhan pembaca. Sesuai dengan hasil penelitian Andi Setiawan pada artikelnya yang berjudul Penerapan Buku Saku Mastercam untuk Meningkatkan Keaktivan dan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran CNC di SMK N 2 Depok Sleman juga menunjukkan bahwa buku saku dapat meningkatkan aktivitas dan kompetensi siswa kelas XII. Hal tersebut menambah minat peneliti untuk mengadakan pengembangan bahan ajar dengan judul “Pengembangan Economics Pocket Book berbasis Quantum Learning untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)”.

2. Tujuan Penelitian Pengembangan

Berdasarkan uraian latar belakang yang telah dipaparkan di atas, tujuan dari penelitian pengembangan ini, sebagai berikut.

  1. Untuk menghasilkan economics pocket book berbasis quantum learning pada siswa
  2. Untuk mengetahui kualitas pengembangan economics pocket book berbasis quantum learning pada siswa

2

Dewan Penguji

  1. Dr. Supriyono, M.Pd
  2. Dr. Hari Wahyono, M.Pd

Pembimbing

  1. Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak
  2. Dr. Sunaryanto, M.Ed

Biodata Penulis

Nama                                       : Ni Wayan Ayu Santi

Tempat, Tanggal Lahir          : Gianyar, 6 Juni 1992

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Alamat Rumah                        : Banjar Lodsema, Desa Lodtunduh, Kecamatan Ubud,

                                                    Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali.

Alamat Kos                              : Jalan Bondowoso, gang Bondowoso Barat, No 201 G.

Agama                                      : Hindu

E-mail                                       : santiayu0606@gmail.com

Nomor Handphone                 : 081916300355

Pendidikan                              : S1 Pendidikan Ekonomi

                                                    Universitas Pendidikan Ganesha (2010-2014)

id_IDIndonesian