Diah Harmawati

 

PENGEMBANGAN MODUL  BERBASIS INKUIRI DISERTAI MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

PADA SISWA KELAS VIII SMP 18 MALANG

Materi yang dianggap masih sulit kebanyakan yang terkait dengan mekanisme kerja organ. SMP 18 Malang dijadikan untuk tempat penelitian karena disana unsur-unsur inkuiri sebenarnya sudah digunakan oleh guru, namun masih terpisah-pisah, sintak inkuiri belum dilaksanakan secara utuh. Pembelajaran IPA kebanyakan masih dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu dengan ceramah. Media yang digunakan di sana hanya mengandalkan buku cetak panduan, di sana modul berbasis inkuiri disertai multimedia interaktif belum ada yang membuat. Modul berbasis inkuiri disertai multimedia interaktif diharapkan dapat digunakan sebagai penunjang belajar siswa.

Tujuan:

  1. Menghasilkan modul berbasis inkuiri disertai multimedia interaktif pada materi sistem transportasi, sistem ekskresi, sistem tata surya dan kehidupan di bumi untuk siswa kelas VIII SMP 18 Malang.
  2. Melalui modul berbasis inkuiri disertai multimedia interaktif dilakukan pada KD 3.8, KD 3.9, KD 3.12, KD 3.13 pada siswa kelas VIII SMP 18 Malang.
  3. Melalui modul berbasis inkuiri disertai multimedia interaktif pada sistem transportasi, sistem ekskresi, sistem tata surya dan kehidupan di bumi diharapkan dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP 18 Malang.

Manfaat:

Menghasilkan modul dan multimedia agar dapat menunjang belajar siswa.

Pembimbing I,

Dr. Sri Endah Indriwati , M. Pd

Pembimbing II,

Dr. Abdul Gofur, M. Si

Penguji I,

Dr. Umie Lestari, M Si

Penguji II,

Prof.Dr. Siti Zubaidah , M.Pd

BIODATA

Diah Harmawati lahir di Merauke, 14 Oktober 1989 merupakan anak pertama dari 3 bersaudara, anak dari Suharni dan Mudiman. Bersekolah di TK Lembaga Tama I. Sekolah Dasar di SD Kanisius Manding. Sekolah Menengah Pertama di SMP Negeri 1 Bantul. Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Jetis. Melanjutkan jenjang S1 Jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pada tahun 2014 melanjutkan S2 Jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Malang. Bekerja di Universitas Musamus Merauke sejak tahun 2012. Alamat rumah saat ini di Jalan Raya Mandala Muli, Gang Mandau Rt 12 Rw 02 Merauke.

id_IDIndonesian