Akademik

  • Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) Tahun Akademik 2016/2017 ini merupakan penyempurnaan Pedoman Pendidikan UM Tahun Akademik 2016/2017. Pedoman Pendidikan ini berisi peraturan dan ketentuan pokok yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pembelajaran untuk semua program pendidikan yang diselenggarakan Universitas Negeri Malang. Secara rinci Pedoman ini memuat ketentuan dan uraian tentang jenis pendidikan, sistem administrasi akademik, program pendidikan, ketentuan akademik, dan pengelolaan penyelenggaraan program pendidikan.

    Dalam penyempurnaan Pedoman Pendidikan ini yang mendapat penekanan adalah (a) penyesuaian kurikulum dengan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); (b) terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan; (c) sinkronisasi dan penyatuan sistem administrasi akademik program pendidikan akademik sarjana, magister, dan doktor dengan program pendidikan profesi dan program pendidikan vokasi; (d) ketentuan pelaksanaan PPL dan KKN; (e) pengelolaan dan manajamen akademik Program Magister dan Doktor di Fakultas dan Jurusan dan penggunaan online system dalam administrasi akademik dan kemahasiswaan.

    Acuan utama penyusunan Pedoman Pendidikan ini meliputi Pedoman Pendidikan UM Tahun Akademik 2015/2016, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasio­nal Indonesia(KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja UN, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2012 tentang Statuta UM, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

    Pedoman Pendidikan ini bersifat mengikat dan berlaku bagi seluruh sivitas akademika Universitas Negeri Malang yang meliputi dosen pembina matakuliah, dosen Penasihat Akademik (PA), mahasiswa dan peserta program pendidikan di UM, pejabat struktural, serta tenaga kependidikan yang terkait dalam pelaksanaan semua program pendidikan di UM. Sebagai kelengkapan Pedoman Pendidikan Tahun Akademik 2016/2017 ini diterbitkan secara terpisah peraturan dan ketentuan pendidikan dan pengajaran yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Pedoman Pendidikan ini, yaitu (1) Katalog UM; (2) Katalog Fakultas yang meliputi Katalog FIP, FS, FMIPA, FE, FT, FIK, FIS, dan FPPsi; (3) Katalog Pascasarjana; (4) sejumlah Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan; (5) Petunjuk Pelaksanaan KKN; (6) Kode Etik; dan (7) Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Tata Kehidupan Kampus.

    Semoga pedoman ini dapat berfungsi secara efektif sebagaimana mestinya.

    Untuk mengetahui secara lengkap dan rinci setiap bagian pada Pedoman Pendidikan UM Tahun Akademik 2016/2017, dapat akses pada laman berikut:

    1. Sampul, Kata Pengantar, dan Daftar Isi
    2. BAGIAN PERTAMA:  Ketentuan Umum
    3. BAGIAN KEDUA: Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran
    4. BAGIAN KETIGA: Kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar
    5. BAGIAN KEEMPAT: Sistem Administrasi Akademik
    6. BAGIAN KELIMA: Pengelolaan Penyelenggaraan Program Pendidikan

     

    BARU:

    1) Download Pedoman Pendidikan Edisi 2017/2018
    2) Download Pedoman Pendidikan Edisi 2018/2019

     

  • Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis

    1. Mengambil form pendaftaran ujian tesis yang diperoleh dari loket 5 Pascasarjana Universitas Negeri Malang dengan menunjukkan syarat-syarat sebagai berikut:

    1. Menyerahkan lembar persetujuan naskah tesis yang sudah disetujui/ditandatangani para pembimbing;
    2. Sudah melakukan Registrasi Akademik (KRS Online);
    3. Potokopi Kartu Rencana Studi (KRS) semester akhir ditandatangani oleh dosen Pendamping Akademik (PA);
    4. Potokopi Kartu Hasil Studi (KHS) mulai semester 1 s.d semester akhir (diperoleh dari subag Akademik dan Evaluasi, gedung Graha Rektorat lantai 2 Universitas Negeri Malang);
    5. Potokopi tanda bukti lunas UKT (rekap pembayaran yang diperoleh dari subag PNPB, gedung Graha Rektorat lantai 4 Universitas Negeri Malang);
    6. Potokopi surat kelulusan ujian komprehensif;
    7. Potokopi surat keterangan publikasi ilmiah dari unit Publikasi Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan, dengan ketentuan;
      1. Memiliki minimal satu publikasi ilmiah dalam jurnal internasional terindeks atau jurnal nasional terindeks. Sesuai surat edaran Rektor Universitas Negeri Malang, tanggal 3 Januari 2018, nomor 3.1.20/UN32/KM/2018, perihal edaran tentang publikasi karya ilmiah mahasiswa.
    8. Potokopi sertifikat bebas plagiasi dari Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana Universitas Negeri Malang;
    9. Bagi Mahasiswa yang pernah melaksanakan cuti kuliah wajib melampirkan lembar jejak mahasiswa (diperoleh dari Subbag Registrasi dan Statistik, gedung Graha Rektorat lantai 2 Universitas Negeri Malang);

     

    2. Menunjukkan form permohonan ujian tesis yang telah disetujui oleh pembimbing dan penguji untuk:

    1. Penjadwalan penggunaan ruang ujian di loket 3 atau 4 dengan menunjukkan form permohonan ujian tesis;
    2. Potokopi KHS dan diserahkan ke loket 3 atau 4 untuk ditukarkan dengan Daftar Hasil Studi Sementara (DHSS);

     

    3. Semua berkas persyaratan (nomor 1 -2) beserta lampirannya diserahkan ke subbag akademik (loket 5) Pascasarjana UM, paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan ujian.

    *) Unduh Pengumuman Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis

     

     

    Prosedur dan Persyaratan Ujian Kelayakan Naskah Disertasi

    1. Mahasiswa program doktor (S3) yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan ujian kelayakan naskah disertasi segera melakukan pendaftaran ke subag TU Pascasarjana Universitas Negeri Malang (loket 6) dengan menyerahkan formulir permohonan ujian kelayakan naskah disertasi yang telah disetujui oleh pembimbing dan penguji dengan melampirkan persyaratan:

    1. Wajib melakukan Registrasi Akademik (KRS Online).
    2. Potokopi cetak Kartu Rencana Studi (KRS) dari siakad mahasiswa semester akhir ditandatangani oleh dosen pendamping akademi (PA);
    3. Potokopi tanda bukti lunas UKT (rekap pembayaran yang diperoleh dari subag PNBP, gedung Graha Rektorat lantai 4 Universitas Negeri Malang);
    4. Potokopi Kartu Hasil Studi (KHS) mulai semester awal sampai dengan akhir, diperoleh dari subag Akademik dan Evaluasi gedung Graha Rektorat lantai 2 Universitas Negeri Malang;
    5. Potokopi surat keterangan publikasi ilmiah dari Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan, dengan ketentuan;
      1. Memiliki minimal satu publikasi ilmiah atau accepted dalam jurnal internasional bereputasi minimal setara Q4 (terindeks Scopus), dan tidak termasuk dalam kategori jurnal meragukan. Sesuai surat edaran Rektor Universitas Negeri Malang, tanggal 3 Januari 2018, nomor 3.1.20/UN32/KM/2018, perihal edaran tentang publikasi karya ilmiah mahasiswa.
    6. Potokopi surat keterangan ujian kualifikasi (tulis dan lisan);
    7. Potokopi Sertifikat Bebas Plagiasi dari UPM Pascasarjana Universitas Negeri Malang;
    8. Penjadwalan penggunaan ruang ujian di loket 3 atau 4 dengan menunjukkan form permohonan ujian kelayakan naskah disertasi;
    9. Cetak DHSS diloket 3 atau 4 Pascasarjana Universitas Negeri Malang

     

    2. Semua berkas persyaratan beserta lampirannya diserahkan ke subag TU Pascasarjana Universitas Negeri Malang (loket 6) paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan ujian.

    *) Unduh Pengumuman Prosedur dan Persyaratan Ujian Kelayakan Naskah Disertasi

     

     

  • Dosen Pembimbing
    No Jenjang Angkatan Program Studi Tanggal Surat File
    1 S2 2017 Akuntansi 07-02-2018 Unduh
    2 S2 2017 Ilmu Ekonomi 07-02-2018 Unduh
    3 S2 2017 Keguruan Seni Rupa 12-02-2018 Unduh
    4 S2 2017 Pendidikan Fisika 19-02-2018 Unduh
    5 S2 2017 Pendidikan Khusus 29-01-2018 Unduh
    6 S2 2017 Pendidikan Olahraga 13-02-2018 Unduh
    7 S2 2017 Bimbingan dan Konseling 23-01-2018 Unduh
    8 S2 2017 Manajemen Pendidikan 25-01-2018 Unduh
    9 S2 2017 Pendidikan Bahasa Indonesia 27-02-2018 Unduh
    10 S2 2017 Pendidikan Biologi 19-01-2018 Unduh
    11 S2 2017 Pendidikan Kejuruan 27-02-2018 Unduh
    12 S2 2017 Pendidikan Kimia (Revisi) 19-01-2018 Unduh
    13 S2 2017 Pendidikan Matematika 29-01-2018 Unduh
    14 S2 2017 Teknologi Pembelajaran 15-02-2018 Unduh
    15 S2 2017 Teknik Mesin 19-02-2018 Unduh
    16 S2 2017 Pendidikan Anak Usia Dini 6-03-2018 Unduh
    17 S2 2017 Pendidikan Sejarah 5-03-2018 Unduh
    18 S2 2017 Manajemen 6-03-2018 Unduh
    19 S2 2017 Pendidikan Bisnis dan Manajemen 12-03-2018 Unduh
    20 S2 2017 Pendidikan Dasar konsentrasi IPA 08-03-2018 Unduh
    21 S2 2017 Pendidikan Dasar konsentrasi IPS 08-03-2018 Unduh
    22 S2 2017 Pendidikan Dasar konsentrasi IND 08-03-2018 Unduh
    23 S2 2017 Pendidikan Dasar konsentrasi MAT 08-03-2018 Unduh
    24 S2 2017 Pendidikan Dasar konsentrasi GK 08-03-2018 Unduh
    25 S2 2017 Pendidikan Bahasa Inggris 20-03-2018 Unduh
    26 S2 2017 Pendidikan Bahasa Inggris Kerjasama KNB 02-10-2018 Unduh
    27 S2 2017 Pendidikan Luar Sekolah 17-04-2018 Unduh
    28 S2 2017 Pendidikan Geografi 07-05-2018 Unduh
    29 S2 2017 Pendidikan Ekonomi 22-05-2018 Unduh
    30 S3 2017 Bimbingan dan Konseling 23-01-2018 Unduh
    31 S3 2017 Manajemen Pendidikan 25-01-2018 Unduh
    32 S3 2017 Pendidikan Biologi 19-01-2018 Unduh
    33 S3 2017 Pendidikan Kimia 19-01-2018 Unduh
    34 S3 2017 Pendidikan Matematika 29-01-2018 Unduh
    35 S3 2017 Teknologi Pembelajaran 15-02-2018 Unduh
    36 S3 2017 Psikologi Pendidikan 14-02-2018 Unduh
    37 S3 2017 Pendidikan Bahasa Indonesia 19-03-2018 Unduh
    38 S3 2017 Pendidikan Geografi 21-03-2018 Unduh
    39 S3 2017 Pendidikan Bahasa Inggris 20-03-2018 Unduh
    40 S3 2017 Pendidikan Pendidikan Kejuruan 21-03-2018 Unduh
    41 S3 2017 Pendidikan Luar Sekolah 30-04-2018 Unduh
    42 S3 2017 Pendidikan Ekonomi 24-05-2018 Unduh
    43 S2 2018 Pendidikan Biologi 17-12-2018 Unduh
    44 S2 2018 Pendidikan Fisika 10-01-2019 Unduh
    45 S2 2018 Pendidikan Kimia 10-01-2019 Unduh
    46 S2 2018 Pendidikan Olahraga 17-12-2018 Unduh
    47 S3 2018 Pendidikan Biologi 17-12-2019 Unduh
    48 S3 2018 Pendidikan Kimia 10-01-2018 Unduh
    49 S2 2018 Pendidikan Bahasa Indonesia 29-01-2019 Unduh
    50 S2 2018 Bimbingan Konseling 31-01-2019 Unduh
    51 S3 2018 Bimbingan Konseling 31-01-2019 Unduh
    52 S2 2018 Pendidikan Khusus 12-02-2019 Unduh
    53 S2 2018 Teknik Mesin 21-02-2019 Unduh
    54 S3 2018 Pendidikan Matematika 18-02-2019 Unduh
    55 S2 2018 Manajemen Pendidikan 18-02-2019 Unduh
    56 S3 2018 Manajemen Pendidikan 18-02-2019 Unduh
    57 S2 2018 Pendidikan Matematika 18-02-2019 Unduh
    58 S2 2018 Pendidikan Dasar 27-02-2019 Unduh
    59 S2 2018 Akuntansi 04-01-2019 Unduh
    60 S2 2018 Teknologi Pembelajaran 19-03-2019 Unduh
    61 S3 2018 Teknologi Pembelajaran 19-03-2019 Unduh
    62 S2 2015 Pendidikan Bahasa Inggris 19-03-2019 Unduh

    Pergantian Dosen Pembimbing
    No Tanggal Perihal File
    1 15/01/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Bimbingan Alm. Dr. Kusmintardjo, M.Pd Unduh
    2 19/01/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Bimbingan Alm. Dr. Kusmintardjo, M.Pd Unduh
    3 19/01/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Bimbingan Alm. Dr. Kusmintardjo, M.Pd Unduh
    4 12/02/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Sri Mulyati,M.Pd Unduh
    5 12/02/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Dr. Sri Mulyati,M.Pd Unduh
    6 27/02/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Mahasiswa atas nama Daning Henta  Unduh
    7 10/04/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi atas nama Indah Panca Pujiastuti Unduh
    8 10/04/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar IPA atas nama Iswahyuni Wati  Unduh
    9 04/05/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Mahasiswa Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris an. Made Frida Yulia, angkatan 2016 Unduh
    10 07/05/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Pendidikan Anak Usia Dini bimbingan alm. Suharjo, angkatan 2016 Unduh
    11 04/05/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Pendidikan Dasar bimbingan alm. Suharjo, angkatan 2016 Unduh
    12 07/05/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Pendidikan Dasar bimbingan alm. Suharjo, angkatan 2017 Unduh
    13 08/05/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Pendidikan Ekonomi bimbingan Prof. Wahjoedi, angkatan 2014 Unduh
    14 14/09/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Pendidikan Ekonomi bimbingan Prof. Bambang Sugeng mhs an. Cahyo Tri Atmojo, angkatan 2014 Unduh
    15 12/09/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Pendidikan Bhs. Indonesia bimbingan alm. Widodo HS., angkatan 2014, 2016 dan 2017 Unduh
    16 17/09/2018 Revisi Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Pendidikan Bhs. Indonesia bimbingan alm. Widodo HS., angkatan 2017 Unduh
    17 17/09/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Pendidikan Bhs. Indonesia bimbingan alm. Widodo HS., angkatan 2014, 2016 dan 2017 Unduh
    18 08/10/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris atas nama Nyoman Mega Sumamelati Degeng, angkatan 2016 Unduh
    19 17/09/2018 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program  Studi Keguruan Bahasa bimbingan alm. Widodo HS., angkatan 2014 dan 2015 Unduh
    20 16/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar Angkatan 2015, 2016, 2017 Unduh
    21 18/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi S2 PAUD Angkatan 2017 Unduh
    22 25/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Pendidikan Bahasa Indonesia Angkatan 2015 Unduh
    23 28/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Bimbingan Dr. Muhana Gipayana, M.Pd Unduh
    24 30/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Program Studi Teknologi Pembelajaran Bimbingan Dr. Sihkabuden, M.Pd. Unduh
    25 31/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Program Studi Pendidikan Ekonomi Bimbingan Dr. Mit Witjaksono, Dip.Tert., MS.Ed. Unduh
    26 31/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Bimbingan Dr. Mit Witjaksono, Dip.Tert., MS.Ed. Unduh
    27 30/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Disertasi Program Studi Pendidikan Matematika Bimbingan Alm. Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd Unduh
    28 30/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Bimbingan Alm. Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd Unduh
    29 30/01/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Teknologi Pembelajaran Bimbingan Dr. Sihkabuden, M.Pd. Unduh
    30 04/02/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Angkatan 2017 Unduh
    31 12/02/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Pendidikan Khusus Angkatan 2017 Bimbingan Dr. Sihkabuden, M.Pd. Unduh
    32 11/02/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Program Studi Bimbingan Konseling Angkatan 2017 Bimbingan Dr. Moh. Irtadji, M.Si Unduh
    33 22/02/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing S2 Program Studi Bimbingan Konseling Angkatan 2015, 2016, 2017 Unduh
    34 22/02/2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing S Program Studi Bimbingan Konseling Angkatan 2015, 2016, 2017 Unduh
    35 18-02-2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Tesis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen Angkatan 2016 atas nama Desy Anggreani Unduh
    36 01-03-2019 Daftar Pergantian Dosen Pembimbing Mahasiswa Program Studi S2 BK Angkatan 2016 dan 2017 Unduh
    37 26-02-2019 Daftar Pergantian Dosen Pembimbing Mahasiswa Program Studi S2 Fisika Angkatan 2016, 2017 dan 2018 Bimbingan Dr. Wartono, M.Pd Unduh
    38 06-03-2019 Daftar Pergantian Dosen Pembimbing Mahasiswa Program Studi S2 Pendidikan Khusus angkatan 2018 atas nama I Gusti Ngurah Putu Harisandi Unduh
    39 08-03-2019 Daftar Pergantian Dosen Pembimbing Disertasi Mahasiswa Program Studi S3 Teknologi Pembelajaran angkatan 2015 atas nama Nur Aisyah dan Yepi Sedya Purwananti Unduh
    40 28-03-2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Program Studi S3 Teknologi Pembelajaran Angkatan 2018 Unduh
    41 28-03-2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Program Studi S2 Pendidikan Kimia Angkatan 2018 Unduh
    42 01-04-2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Angkatan 2015 Unduh
    43 08-04-2019 Daftar Pergantian Nama Dosen Pembimbing Program Studi S2 Pendidikan Fisika Angkayan 2018 Unduh

    Form Pengajuan Dosen Pembimbing Mahasiswa

    Form pergantian dosen pembimbing bisa di unduh disini.

    *) Formulir di print menggunakan kertas Officio/F4

     

     

     

     

  • A. PASCA UJIAN TESIS/DISERTASI
    1. Mengambil salinan hasil musyawarah dewan penguji di loket 5 (tesis)/loket 6 (disertasi).
    2. Mengambil formulir pasca ujian penyerahan tesis/disertasi di loket 2.
    3. Mengambil surat kewajiban pasca ujian tesis/disertasi di resepsionis H1, ± 3 (tiga) hari setelah pelaksanaan ujian.

     

    B. PENYERAHAN TESIS/DISERTASI
    1. Mengumpulkan jilidan tesis/disertasi yang sudah ditandatangani oleh para dewan penguji , diserahkan ke loket 2 bersama berkas persyaratan berupa:
      1. 1 (satu) lembar persetujuan dan pengesahan tesis/disertasi yang sudah ditandatangani oleh para dewan penguji;
      2. Form biodata pemrosesan ijazah yang sudah diisi dan ditempel foto hitam putih ukuran 3×4;
      3. Fotokopi ijazah dan transkrip terakhir yang sudah dilegalisir 1 (satu ) lembar;
      4. Form penulisan transkrip yang sudah diverifikasi oleh Jurnal Pascasarjana dan ditandatangani oleh Koordinator Program Studi;
      5. Form identitas penulisan ijazah yang sudah diisi dan ditandatangani mahasiswa ybs.
        Mahasiswa yang sudah lulus tuntas (dibuktikan saat penyerahan jilidan tesis/disertasi) mendapatkan Tanda Bukti Validasi Tesis/Disertasi dari loket 2.
    2. Mengambil Formulir KPPL/Kartu Proses Penjejakan Lulusan (diberikan kepada mahasiswa pada saat penyerahan jilidan tesis/disertasi).

     

    C. PENJEJAKAN ON-LINE DI PASCASARJANA UM

    1. Menyerahkan surat pernyataan publikasi artikel di Jurnal Pascasarjana UM ruang H2.104.
      Mengunggah file di laman https://goo.gl/mydtbr berupa:

      1. Artikel prasyarat ujian tesis/disertasi yang telah terbit;
      2. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam format .doc / .docx dan .pdf;
      3. Materi ujian power point dalam format ppt.
        Bukti pengunggahan file tsb. akan dikirim melalui email mahasiswa untuk diserahkan ke Jurnal Pascasarjana UM.
    2. Mengunggah file tesis/disertasi secara mandiri melalui program eTDs (Electronic Theses and Dissertation System) di Perpustakaan Pascasarjana UM dengan format .pdf dan diwatermark berlogo Universitas Negeri Malang (template bisa diunduh di pasca.um.ac.id).
    3. Melakukan pengambilan foto untuk ijazah di Gedung Graha Rektorat lt. 2 – Subag Registrasi.
      Ketentuan: menggunakan atasan berwarna putih, jas almamater, dasi, dan jilbab warna putih bagi yang mengenakan jilbab.
    4. Validasi bebas tanggungan Pascasarjana di loket 2 (dilakukan setelah penjejakan tuntas di Jurnal dan Perpustakaan Pascasarjana).

     

    D. PENJEJAKAN ON-LINE LAYANAN KEUANGAN DAN PERPUSTAKAAN PUSAT

    1. Validasi Layanan Keuangan secara otomatis dapat di cek melalui SIAKAD apabila sudah membayar SPP (Biaya Pendidikan) di semester yang berlaku. Apabila status di SIAKAD belum divalidasi (warna merah), silahkan melakukan verifikasi ke unit terkait.
    2. Menyerahkan berkas persyaratan di Perpustakaan Pusat berupa:
      1. Tesis/disertasi (1 buku);
      2. Menyerahkan file artikel tesis/disertasi, abstrak (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) format .doc/.docx dan .pdf, file materi ujian format .ppt, dimasukkan dalam CD/DVD 1(satu) keeping;
      3. Mengunggah file abstrak dalam Bahasa Indonesia melalui alamat http://karya-ilmiah.um.ac.id. Khusus Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengunggah file abstrak dalam versi Bahasa Inggris.
        Validasi bebas tanggungan di Perpustakaan Pusat dapat di cek melalui SIAKAD.

     

    E. LAIN-LAIN

    1. Mahasiswa yang sudah lolos verifikasi eTDs dapat mengambil berita acara ujian tesis di loket 5 / disertasi di loket 6 dengan menunjukkan lembar bukti penyerahan karya akhir yang diperoleh dari Perpustakaan Pascasarjana.
    2. Menyerahkan kepada dosen penguji masing-masing, fotokopi lembar judul tesis/disertasi dan lembar pengesahan.
    3. Khusus Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Kejuruan, menyerahkan tesis/disertasi dengan ukuran A5 beserta produk lainnya ke program studi masing-masing.
    4. Membayar iuran IKA Alumni UM Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
      Bagi angkatan 2011 (dan sebelumnya) membayar pendaftaran wisuda Rp. 400.000,00 (empat ratus ribu rupiah).
      Informasi lebih lanjut di Subag Pel Kesma, Gedung Graha Rektorat lt. 2 (syarat dan ketentuan berlaku).
    5. Pendaftaran wisuda saat ini diberlakukan kuota dan dilakukan secara on-line setelah melakukan pembayaran IKA Alumni serta telah melakukan bebas tanggungan penjejakan on-line secara keseluruhan di Pascasarjana, Perpustakaan Pusat dan Layanan Keuangan.
    6. Ijazah dan transkrip nilai diberikan pada saat wisuda.

     

    MOHON DIPERHATIKAN!!!

    • Tidak diberlakukan penambahan kata “PROGRAM” di depan kata PASCASARJANA, dan tidak diperbolehkan menggunakan kata singkatan “PPS”.
    • Lembar persetujuan dan pengesahan dewan penguji harus bertanda tangan asli dan tidak boleh hasil fotokopi.
    • Penulisan pada cover TESIS/DISERTASI harus dicetak timbul.

     

    *) Unduh Pengumuman Penjejakan Tesis/Disertasi

     

  • Laporan Seminar proposal mahasiswa Pascsarjana di unggah secara online disini.