[tabs model=”2″]
[tab title=”Pedoman Pendidikan”]
[pullquote]

Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) Tahun Akademik 2016/2017 ini merupakan penyempurnaan Pedoman Pendidikan UM Tahun Akademik 2016/2017. Pedoman Pendidikan ini berisi peraturan dan ketentuan pokok yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pembelajaran untuk semua program pendidikan yang diselenggarakan Universitas Negeri Malang. Secara rinci Pedoman ini memuat ketentuan dan uraian tentang jenis pendidikan, sistem administrasi akademik, program pendidikan, ketentuan akademik, dan pengelolaan penyelenggaraan program pendidikan.

Dalam penyempurnaan Pedoman Pendidikan ini yang mendapat penekanan adalah (a) penyesuaian kurikulum dengan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); (b) terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan; (c) sinkronisasi dan penyatuan sistem administrasi akademik program pendidikan akademik sarjana, magister, dan doktor dengan program pendidikan profesi dan program pendidikan vokasi; (d) ketentuan pelaksanaan PPL dan KKN; (e) pengelolaan dan manajamen akademik Program Magister dan Doktor di Fakultas dan Jurusan dan penggunaan online system dalam administrasi akademik dan kemahasiswaan.

Acuan utama penyusunan Pedoman Pendidikan ini meliputi Pedoman Pendidikan UM Tahun Akademik 2015/2016, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasio­nal Indonesia(KKNI), Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja UN, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2012 tentang Statuta UM, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, dan Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.

Pedoman Pendidikan ini bersifat mengikat dan berlaku bagi seluruh sivitas akademika Universitas Negeri Malang yang meliputi dosen pembina matakuliah, dosen Penasihat Akademik (PA), mahasiswa dan peserta program pendidikan di UM, pejabat struktural, serta tenaga kependidikan yang terkait dalam pelaksanaan semua program pendidikan di UM. Sebagai kelengkapan Pedoman Pendidikan Tahun Akademik 2016/2017 ini diterbitkan secara terpisah peraturan dan ketentuan pendidikan dan pengajaran yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Pedoman Pendidikan ini, yaitu (1) Katalog UM; (2) Katalog Fakultas yang meliputi Katalog FIP, FS, FMIPA, FE, FT, FIK, FIS, dan FPPsi; (3) Katalog Pascasarjana; (4) sejumlah Petunjuk Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan; (5) Petunjuk Pelaksanaan KKN; (6) Kode Etik; dan (7) Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, Tata Kehidupan Kampus.

Semoga pedoman ini dapat berfungsi secara efektif sebagaimana mestinya.

Untuk mengetahui secara lengkap dan rinci setiap bagian pada Pedoman Pendidikan UM Tahun Akademik 2016/2017, dapat akses pada laman berikut:

  1. Sampul, Kata Pengantar, dan Daftar Isi
  2. BAGIAN PERTAMA:  Ketentuan Umum
  3. BAGIAN KEDUA: Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran
  4. BAGIAN KETIGA: Kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar
  5. BAGIAN KEEMPAT: Sistem Administrasi Akademik
  6. BAGIAN KELIMA: Pengelolaan Penyelenggaraan Program Pendidikan

 

BARU:

1) Download Pedoman Pendidikan Edisi 2017/2018
2) Download Pedoman Pendidikan Edisi 2018/2019

 

[/pullquote]
[/tab]

[tab title=”Prosedur dan Persyaratan Ujian”]
[toggle title=”Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis”]

[pullquote]

1. Mengambil form pendaftaran ujian tesis yang diperoleh dari loket 5 Pascasarjana Universitas Negeri Malang dengan menunjukkan syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Menyerahkan lembar persetujuan naskah tesis yang sudah disetujui/ditandatangani para pembimbing;
  2. Sudah melakukan Registrasi Akademik (KRS Online);
  3. Potokopi Kartu Rencana Studi (KRS) semester akhir ditandatangani oleh dosen Pendamping Akademik (PA);
  4. Potokopi Kartu Hasil Studi (KHS) mulai semester 1 s.d semester akhir (diperoleh dari subag Akademik dan Evaluasi, gedung Graha Rektorat lantai 2 Universitas Negeri Malang);
  5. Potokopi tanda bukti lunas UKT (rekap pembayaran yang diperoleh dari subag PNPB, gedung Graha Rektorat lantai 4 Universitas Negeri Malang);
  6. Potokopi surat kelulusan ujian komprehensif;
  7. Potokopi surat keterangan publikasi ilmiah dari unit Publikasi Jurnal Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan, dengan ketentuan;
    1. Memiliki minimal satu publikasi ilmiah dalam jurnal internasional terindeks atau jurnal nasional terindeks. Sesuai surat edaran Rektor Universitas Negeri Malang, tanggal 3 Januari 2018, nomor 3.1.20/UN32/KM/2018, perihal edaran tentang publikasi karya ilmiah mahasiswa.
  8. Potokopi sertifikat bebas plagiasi dari Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana Universitas Negeri Malang;
  9. Bagi Mahasiswa yang pernah melaksanakan cuti kuliah wajib melampirkan lembar jejak mahasiswa (diperoleh dari Subbag Registrasi dan Statistik, gedung Graha Rektorat lantai 2 Universitas Negeri Malang);

 

2. Menunjukkan form permohonan ujian tesis yang telah disetujui oleh pembimbing dan penguji untuk:

  1. Penjadwalan penggunaan ruang ujian di loket 3 atau 4 dengan menunjukkan form permohonan ujian tesis;
  2. Potokopi KHS dan diserahkan ke loket 3 atau 4 untuk ditukarkan dengan Daftar Hasil Studi Sementara (DHSS);

 

3. Semua berkas persyaratan (nomor 1 -2) beserta lampirannya diserahkan ke subbag akademik (loket 5) Pascasarjana UM, paling lambat 1 (satu) minggu sebelum pelaksanaan ujian.

*) Unduh Pengumuman Prosedur dan Persyaratan Ujian Tesis

 

 

[/pullquote]

[/toggle]

[toggle title=”Prosedur dan Persyaratan Ujian Kelayakan Naskah Disertasi”]

[pullquote]

1. Mahasiswa program doktor (S3) yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan ujian kelayakan naskah disertasi segera melakukan pendaftaran ke subag TU Pascasarjana Universitas Negeri Malang (loket 6) dengan menyerahkan formulir permohonan ujian kelayakan naskah disertasi yang telah disetujui oleh pembimbing dan penguji dengan melampirkan persyaratan:

  1. Wajib melakukan Registrasi Akademik (KRS Online).
  2. Potokopi cetak Kartu Rencana Studi (KRS) dari siakad mahasiswa semester akhir ditandatangani oleh dosen pendamping akademi (PA);
  3. Potokopi tanda bukti lunas UKT (rekap pembayaran yang diperoleh dari subag PNBP, gedung Graha Rektorat lantai 4 Universitas Negeri Malang);
  4. Potokopi Kartu Hasil Studi (KHS) mulai semester awal sampai dengan akhir, diperoleh dari subag Akademik dan Evaluasi gedung Graha Rektorat lantai 2 Universitas Negeri Malang;
  5. Potokopi surat keterangan publikasi ilmiah dari Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana Universitas Negeri Malang yang dinyatakan diterima untuk diterbitkan, dengan ketentuan;
    1. Memiliki minimal satu publikasi ilmiah atau accepted dalam jurnal internasional bereputasi minimal setara Q4 (terindeks Scopus), dan tidak termasuk dalam kategori jurnal meragukan. Sesuai surat edaran Rektor Universitas Negeri Malang, tanggal 3 Januari 2018, nomor 3.1.20/UN32/KM/2018, perihal edaran tentang publikasi karya ilmiah mahasiswa.
  6. Potokopi surat keterangan ujian kualifikasi (tulis dan lisan);
  7. Potokopi Sertifikat Bebas Plagiasi dari UPM Pascasarjana Universitas Negeri Malang;
  8. Penjadwalan penggunaan ruang ujian di loket 3 atau 4 dengan menunjukkan form permohonan ujian kelayakan naskah disertasi;
  9. Cetak DHSS diloket 3 atau 4 Pascasarjana Universitas Negeri Malang

 

2. Semua berkas persyaratan beserta lampirannya diserahkan ke subag TU Pascasarjana Universitas Negeri Malang (loket 6) paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan ujian.

*) Unduh Pengumuman Prosedur dan Persyaratan Ujian Kelayakan Naskah Disertasi

 

 

[/pullquote]

[/toggle]
[/tab]

[tab title=”Dosen Pembimbing”]
[toggle title=”Dosen Pembimbing”]

[pullquote]

[table id=29 /]

[/pullquote]

[/toggle]

[toggle title=”Pergantian Dosen Pembimbing”]

[pullquote]

[table id=30 /]

[/pullquote]

[/toggle]

[toggle title=”Form Pengajuan Dosen Pembimbing Mahasiswa”]

[pullquote]

Form pergantian dosen pembimbing bisa di unduh disini.

*) Formulir di print menggunakan kertas Officio/F4

 

 

 

 

[/pullquote]

[/toggle]

[/tab]

[tab title=”Penejejakan”]
[pullquote]

A. PASCA UJIAN TESIS/DISERTASI
  1. Mengambil salinan hasil musyawarah dewan penguji di loket 5 (tesis)/loket 6 (disertasi).
  2. Mengambil formulir pasca ujian penyerahan tesis/disertasi di loket 2.
  3. Mengambil surat kewajiban pasca ujian tesis/disertasi di resepsionis H1, ± 3 (tiga) hari setelah pelaksanaan ujian.

 

B. PENYERAHAN TESIS/DISERTASI
  1. Mengumpulkan jilidan tesis/disertasi yang sudah ditandatangani oleh para dewan penguji , diserahkan ke loket 2 bersama berkas persyaratan berupa:
    1. 1 (satu) lembar persetujuan dan pengesahan tesis/disertasi yang sudah ditandatangani oleh para dewan penguji;
    2. Form biodata pemrosesan ijazah yang sudah diisi dan ditempel foto hitam putih ukuran 3×4;
    3. Fotokopi ijazah dan transkrip terakhir yang sudah dilegalisir 1 (satu ) lembar;
    4. Form penulisan transkrip yang sudah diverifikasi oleh Jurnal Pascasarjana dan ditandatangani oleh Koordinator Program Studi;
    5. Form identitas penulisan ijazah yang sudah diisi dan ditandatangani mahasiswa ybs.
      Mahasiswa yang sudah lulus tuntas (dibuktikan saat penyerahan jilidan tesis/disertasi) mendapatkan Tanda Bukti Validasi Tesis/Disertasi dari loket 2.
  2. Mengambil Formulir KPPL/Kartu Proses Penjejakan Lulusan (diberikan kepada mahasiswa pada saat penyerahan jilidan tesis/disertasi).

 

C. PENJEJAKAN ON-LINE DI PASCASARJANA UM

  1. Menyerahkan surat pernyataan publikasi artikel di Jurnal Pascasarjana UM ruang H2.104.
    Mengunggah file di laman https://goo.gl/mydtbr berupa:

    1. Artikel prasyarat ujian tesis/disertasi yang telah terbit;
    2. Abstrak Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam format .doc / .docx dan .pdf;
    3. Materi ujian power point dalam format ppt.
      Bukti pengunggahan file tsb. akan dikirim melalui email mahasiswa untuk diserahkan ke Jurnal Pascasarjana UM.
  2. Mengunggah file tesis/disertasi secara mandiri melalui program eTDs (Electronic Theses and Dissertation System) di Perpustakaan Pascasarjana UM dengan format .pdf dan diwatermark berlogo Universitas Negeri Malang (template bisa diunduh di pasca-dev.um.ac.id).
  3. Melakukan pengambilan foto untuk ijazah di Gedung Graha Rektorat lt. 2 – Subag Registrasi.
    Ketentuan: menggunakan atasan berwarna putih, jas almamater, dasi, dan jilbab warna putih bagi yang mengenakan jilbab.
  4. Validasi bebas tanggungan Pascasarjana di loket 2 (dilakukan setelah penjejakan tuntas di Jurnal dan Perpustakaan Pascasarjana).

 

D. PENJEJAKAN ON-LINE LAYANAN KEUANGAN DAN PERPUSTAKAAN PUSAT

  1. Validasi Layanan Keuangan secara otomatis dapat di cek melalui SIAKAD apabila sudah membayar SPP (Biaya Pendidikan) di semester yang berlaku. Apabila status di SIAKAD belum divalidasi (warna merah), silahkan melakukan verifikasi ke unit terkait.
  2. Menyerahkan berkas persyaratan di Perpustakaan Pusat berupa:
    1. Tesis/disertasi (1 buku);
    2. Menyerahkan file artikel tesis/disertasi, abstrak (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) format .doc/.docx dan .pdf, file materi ujian format .ppt, dimasukkan dalam CD/DVD 1(satu) keeping;
    3. Mengunggah file abstrak dalam Bahasa Indonesia melalui alamat http://karya-ilmiah.um.ac.id. Khusus Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengunggah file abstrak dalam versi Bahasa Inggris.
      Validasi bebas tanggungan di Perpustakaan Pusat dapat di cek melalui SIAKAD.

 

E. LAIN-LAIN

  1. Mahasiswa yang sudah lolos verifikasi eTDs dapat mengambil berita acara ujian tesis di loket 5 / disertasi di loket 6 dengan menunjukkan lembar bukti penyerahan karya akhir yang diperoleh dari Perpustakaan Pascasarjana.
  2. Menyerahkan kepada dosen penguji masing-masing, fotokopi lembar judul tesis/disertasi dan lembar pengesahan.
  3. Khusus Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Kejuruan, menyerahkan tesis/disertasi dengan ukuran A5 beserta produk lainnya ke program studi masing-masing.
  4. Membayar iuran IKA Alumni UM Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
    Bagi angkatan 2011 (dan sebelumnya) membayar pendaftaran wisuda Rp. 400.000,00 (empat ratus ribu rupiah).
    Informasi lebih lanjut di Subag Pel Kesma, Gedung Graha Rektorat lt. 2 (syarat dan ketentuan berlaku).
  5. Pendaftaran wisuda saat ini diberlakukan kuota dan dilakukan secara on-line setelah melakukan pembayaran IKA Alumni serta telah melakukan bebas tanggungan penjejakan on-line secara keseluruhan di Pascasarjana, Perpustakaan Pusat dan Layanan Keuangan.
  6. Ijazah dan transkrip nilai diberikan pada saat wisuda.

 

MOHON DIPERHATIKAN!!!

  • Tidak diberlakukan penambahan kata “PROGRAM” di depan kata PASCASARJANA, dan tidak diperbolehkan menggunakan kata singkatan “PPS”.
  • Lembar persetujuan dan pengesahan dewan penguji harus bertanda tangan asli dan tidak boleh hasil fotokopi.
  • Penulisan pada cover TESIS/DISERTASI harus dicetak timbul.

 

*) Unduh Pengumuman Penjejakan Tesis/Disertasi

 

[/pullquote]
[/tab]

[tab title=”Unggah Sempro”]

[pullquote]
Laporan Seminar proposal mahasiswa Pascsarjana di unggah secara online disini.

 

 

 

 

 

[/pullquote]
[/tab]
[/tabs]

id_IDIndonesian