PERTANYAAN PENGAJAR BAHASA INDONESIA
BAGI PENUTUR ASING
DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS
Gamal Kusuma Zamahsari
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5 Malang 65145
email: zgams21@gmail.com
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tuturan pertanyaan pengajar BIPA dalam dalam pembelajaran di kelas. Pendekatan dan desain penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar BIPA menuturkan pertanyaan yang berupa (1) permintaan klarifikasi, (2) cek konfirmasi, (3) cek komprehensi, dan (4) pengerahan (recruitment). Pertanyaan-pertanyaan yang dituturkan pengajar BIPA dalam pembelajaran di kelas bermaksud membantu dan mengontrol proses pembelajaran. Pengajar berusaha menghadirkan suasana komunikatif di dalam kelas pembelajaran. Keempat bentuk pertanyaan tersebut dapat dikatakan sebagai tuturan yang komunikatif karena tergolong pertanyaan referensial. Pertanyaan referensial adalah pertanyaan asli dalam percakapan bukan pertanyaan display yang tujuannya tidak untuk berkomunikasi, melainkan direkayasa untuk mengetahui pemahaman pembelajar semata tanpa unsur komunikatif.
Kata kunci: tuturan pertanyaan, pengajar BIPA, pembelajaran