ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1 “PERILAKU GURU DALAM KAITANNYA DENGAN SUBSTANSI LINGUISTIK UNTUK MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG MENYENANGKAN”
PERILAKU GURU DALAM KAITANNYA DENGAN SUBSTANSI LINGUISTIK UNTUK MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA YANG MENYENANGKAN
Agung Setyawanto
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: a_gungsetya@yahoo.co.id
ABSTRAK: Perubahan sistem pendidikan memerlukan landasan pendidikan agar mampu menghasilkan produk pendidikan berkualitas. Oleh karena itu, diperlukan peran guru dan pemanfaatan landasan pembelajaran bahasa untuk keefektifan pembelajaran di sekolah. Landasan linguistik sebagai landasan pokok dalam pembelajaran bahasa seharusnya lebih dimanfaatkan dalam peningkatan kualitas pembelajaran bahasa khususnya dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Substansi-substansi linguistik dalam pendidikan menjadi landasan pola pikir dan dasar menentukan rancangan pembelajaran yang menyenangkan. Rancangan pembelajaran diharapkan memiliki kesesuaian antara bagian-bagiannya, sehingga baik pembelajar maupun pengajar saling memahami dalam hal transformasi pengetahuan, sehingga pewujudan pembelajaran yang menyenangkan dapat tercapai.
Kata kunci: Pemanfaatan, landasan pendidikan, efektivitas pembelajaran