PENILAIAN SIKAP TERINTEGRASI: ALTERNATIF PENILAIAN SIKAP DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA-MENULIS KRITIS
Giati Anisah
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: anisahgiati@gmail.com
ABSTRAK: Selama ini, penilaian sikap seringkali dibedakan dari penilaian hasil belajar. Guru cenderung memilih pendekatan proses untuk menilai sikap. Makalah ini menawarkan alternatif lain untuk menilai sikap yaitu dengan mengintegrasikan penilaian sikap pada penilaian hasil. Penilaian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran terintegrasi, terutama membaca-menulis kritis. Penilaian ini dapat berbentuk tes lisan maupun tertulis. Tes didasarkan pada lima level kemampuan membaca-menulis kritis, yaitu memparafrasa, menjelaskan, menganalisis, mengevaluasi, dan bermain peran.
Kata kunci: penilaian sikap, pembelajaran terintegrasi, penilaian hasil, pembelajaran membaca-menulis