PENGUATAN KARAKTER PEMIMPIN MELALUI PENDIDIKAN BAHASA KRITIS

 

Afdhal Kusumanegara

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: afdhalkusumanegara@gmail.com

 

 

ABSTRAK: Pendidikan bahasa kritis diadaptasi dari konsep pedagogi kritis dan studi bahasa kritis. Pedagogi kritis merupakan ilmu pendidikan yang didesain untuk membangun kesadaran terhadap kondisi sosial. Pedagogi kritis merefleksikan dan mendialogkan pengetahuan dan realitas, sehingga keluaran yang diharapkan dari pedagogi kritis adalah peserta didik maupun pendidik yang berpengetahuan yang berorientasi kemanusiaan. Orientasi kemanusiaan diperoleh dari pedagogi kritis dan berfungsi sebagai lokus pendidikan karakter. Studi bahasa kritis memiliki prinsip-prinsip berparadigma kritis yang terkait dengan modus otoritas dan ideologi. Modal tersebut jika diaplikasikan pada pembelajaran bahasa, maka peserta didik dapat memiliki kompetensi dan performansi komunikatif, yakni menggunakan bahasa secara fungsional. Adaptasi konsep pedagogi kritis dan studi bahasa kritis menghasilkan pendidikan bahasa kritis yakni model pedagogi yang membangun kesadaran sosial peserta didik dengan dibekali kompetensi dan performansi komunikatif. Penerapan pendidikan bahasa kritis dapat menguatkan karakter pemimpin peserta didik, khususnya pembelajar bahasa, yakni cerdas sosialis dan terampil komunikatif.

 

Kata kunci: pedagogi kritis, studi bahasa kritis, karakter pemimpin