ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1 “MEMBACA-MENULIS SEBAGAI METODE BELAJAR: HUBUNGAN KONSEPTUAL, PROBLEMATIKA, DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA”
MEMBACA-MENULIS SEBAGAI METODE BELAJAR:
HUBUNGAN KONSEPTUAL, PROBLEMATIKA, DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA
Elma Excavanti Tamaya
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: elmaexcavant@gmail.com
ABSTRAK: Membaca-menulis dapat dijadikan alat atau fasilitas untuk mendalami dan menguasai materi pelajaran agar kompetensi yang ditetapkan tercapai. Membaca-menulis untuk metode belajar harus disinergikan karena mengondisikan siswa untuk memunculkan gagasan-gagasan yang produktif. Membaca-menulis sebagai metode belajar menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21 yang menuntut masyarakat akademis untuk senantiasa membaca-menulis. Hasil penelitian ini disajikan dalam tiga tema besar, yakni (1) hubungan konseptual membaca-menulis dan metode belajar, (2) problematika implemetasi membaca-menulis sebagai metode belajar, dan (3) alternatif pemecahan problematika membaca-menulis sebagai metode belajar.
Kata kunci: membaca-menulis, metode belajar, problematika