FITUR-FITUR TUTURAN GURU PEREMPUAN DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

 

Pandu Meidian Pratama

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5

Email: pandupratama_um@yahoo.com

 

ABSTRAK: Penelitian tentang fitur-fitur tuturan guru perempuan dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia ini dilandasi oleh situasi komunikasi guru kepada siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan bertujuan untuk mendeskripsikan fitur-fitur tuturan yang digunakan oleh guru perempuan kepada peserta didik di dalam kelas. Penggunaan fitur tuturan guru perempuan di dalam kelas terdiri atas tindak lokusi, ilokusi, dan perlokusi bergantung pada konteks yang melatarbelakangi tuturan tersebut. Penelitian ini dibatasi pada tindak tutur ilokusi ekspresif memuji yang dituturkan oleh guru. Terdapat sepuluh fitur-fitur bahasa perempuan yaitu (1) hedging, (2) tag question, (3) rising intonation on declaratives, (4) empty adjectives, (5) specialized vocabularies (precise color terms), (6) intensifier, (7) hypercorrect grammar, (8) superpolite form, (9) avoidance of strong swear words dan (10) emphatic stress. Hasil dalam penelitian ini adalah terdapat empat fitur tuturan perempuan yang digunakan guru perempuan selama kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia berlangsung, yaitu (1) tag question, (2) avoidance of strong swear words, (3) superpolite form, dan (4) empty adjectives.  

 

Kata kunci : fitur-fitur tuturan perempuan, interaksi pembelajaran, bahasa Indonesia