PENGGUNAAN KALIMAT BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN ANAK USIA 9-11 TAHUN (KELAS TINGGI DI SD)

 

Luly Zahrotul Lutfiyah

IKIP Budi Utomo Malang

Email: lutfiyahluly@gmail.com

 

ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan penggunaan kalimat bahasa Indonesia dalam karangan anak usia 9-11 tahun. Penggunaan kalimat bahasa Indonesia meliputi pola, struktur, dan kelengkapan kalimat. Penelitian ini menggunakan pendekatan rancangan penelitian kualitatif. data tulis berupa kalimat-kalimat dalam karangan anak usia 9-11 tahun. Data yang terkumpul dianalisis secara induktif pada saat dan setelah penelitian berlangsung. Hasil analisis dinyatakan dalam bentuk naratif. Sumber data yang digunakan untuk memperoleh data penelitian ini adalah karangan siswa di SD kelas tinggi. Sumber data yang terkumpul adalah 30 karangan. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan triangulasi teman sejawat dan ahli bahasa. Hasil penelitian ini adalah deskripsi penggunaan kalimat bahasa Indonesia dalam karangan anak usia 9-11 tahun. Berdasarkan hasil penelitian karangan anak usia 9 tahun telah mampu menulis karangan dalam beberapa pola, yaitu S-P, P-S, S-P-O, S-P-Pel, S-P-Ket, Ket-S-P, S-P-O-Ket, Ket-S-P-O, S-P-Pel-Ket, Ket-S-P-O-Ket, Ket-S-Pel, Ket-S-P-Ket, Ket-S-P-Ket-S-P, Ket-S-P-O-Konj-P-Ket, Ket-S-P-Konj-P, S-P-Pel-Konj-P-O, dan Ket-S-P-Ket-Konj-P-Konj-Ket-P-O. Tidak jauh berbeda dengan penggunaan pola kalimat oleh anak usia 9 tahun, pola kalimat dalam karangan anak usia 10 tahun antara lain: S-P, S-P-O, S-P-Ket, Ket-S-P, Ket-S-P-O, Ket-S-P-Ket, S-P-Ket, Ket-S-P-O-Ket, Ket-S-P-Konj-Ket-S-P, S-P-O-Konj-P-Ket, S-P-Pel. Pola kalimat dalam karangan anak usia 11 tahun memiliki variasi lebih banyak dibandingkan dengan pola yang ditemukan pada anak usia 9 dan 10 tahun.

 

Kata kunci: penggunaan kalimat bahasa Indonesia, karangan, anak usia 9-11 tahun