PEMBERDAYAAN KOMPETENSI KEAHLIAN SISWA SMK SEBAGAI KONTEKS DAN PRODUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Aptia Ardiasri

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5 Malang

E-mail: aptiaardiasri@gmail.com

 

ABSTRAK: Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pemberdayaan kompetensi keahlian yang dimiliki siswa SMK bagi pembelajaran bahasa Indonesia melaui pendekatan kontekstual dan pendekatan berbasis proyek. Peran pendekatan kontekstual bagi pembelajaran bahasa Indonesia berfokus pada penggunaan skemata terkait bidang keahlian siswa menjadi topik-topik penyusunan berbagai macam teks yang diajarkan. Peran pendekatan pembelajaran berbasis proyek bagi pembelajaran bahasa Indonesia terintegrasi pada pembuatan produk-produk terkait bahasa Indonesia yang dikemas sesuai dengan bidang keahlian siswa. Kedua pendekatan tersebut mampu membuat pembelajaran bahasa Indonesia lebih bermakna dan inovatif.

 

Kata kunci: kompetensi keahlian, pendekatan kontekstual, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran bahasa Indonesia

 

× How can I help you?