ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN MENULIS TEKS DESKRIPSI DAN EKSPOSISI DENGAN KONTEKS BUDAYA LOKAL PAPUA
Angla Florensy Sauhenda
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5 Malang
E-mail: Anglasauhenda@gmail.com
ABSTRAK: Asesmen merupakan suatu proses pengumpulan informasi tentang hasil belajar siswa. Proses asesmen sangat membantu guru dalam memperoleh gambaran tentang kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa guru belum mampu menyusun asesmen menulis dengan tepat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru tentang asesmen menulis. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat asesmen yang tepat dalam pembelajaran menulis teks deskripsi dan eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat asesmen menulis teks deskripsi dan eksposisi dengan konteks budaya lokal Papua. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pengembangan R2D2. Model pengembangan ini terdapat tiga tahap pengembangan, yakni: (1) fokus pendefinisian atau identifikasi, (2) desain pengembangan produk, dan (3) diseminasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil validasi dari para ahli dan uji lapangan menunjukan bahwa perangkat asesmen menulis yang dikembangkan ini layak untuk diimplementasikan dalam asesmen menulis.
Kata kunci: Asesmen, teks deskripsi, teks eksposisi, budaya lokal Papua.