ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
INTEGRASI KETERAMPILAN MENULIS-BERBICARA PADA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI KURIKULUM 2013
Anri Nofitria
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: nofitriaa@gmail.com
ABSTRAK: Menulis dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang bersifat produktif dan ekspresif. Keterampilan berbicara menggunakan sarana lisan, sedangkan keterampilan menulis menggunakan sarana tulis. Kurikulum 2013 menitikberatkan pada adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Pembelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 yang diaplikasikan pada tahun 2013/2014, menerapkan pembelajaran berbasis teks dengan menuntut siswa untuk mampu memahami, menganalisis, menilai, mengkonstruksi, dan membandingkan berbagai jenis teks. Masing-masing jenis teks memiliki ciri kebahasaan dan struktur yang berbeda. Teks biografi merupakan teks yang bertujuan menceritakan atau menginformasikan kepada orang lain tentang aktivitas atau kejadian di masa lalu. Integrasi menulis dan berbicara mampu memberikan skemata terhadap peserta didik, sehingga dapat membentuk peserta didik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan. Menulis-berbicara juga dapat menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Kata kunci: kurikulum, pembelajaran menulis-berbicara, teks biografi