ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BERBASIS KONTEN: IMPLIKASINYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Nur Aisyah Sefrianah
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang
Email: aisyahsefrianah@gmail.com
ABSTRAK: Membaca berbasis konten merupakan kemampuan siswa dalam menggunakan keterampilan membaca untuk mempelajari konten materi setiap bidang studi. Penggunaan strategi kognitif dalam pembelajaran membaca berbasis konten dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap bacaan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan beberapa fokus yakni (1) pembelajaran membaca berbasis konten, (2) peran penting strategi metakognitif dalam membaca berbasis konten, (3) bentuk strategi metakognitif dalam membaca, serta (4) manfaat strategi metakognitif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam membaca.
Kata kunci: Strategi metakognitif, membaca berbasis konten, berpikir kritis.