ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI UNTUK MAHASISWA ASING MELALUI METODE MIND MAPPING
Rabeeyah Bueraheng
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang
Email: Rabeeyah_14@yahoo.com
ABSTRAK: Bahasa Indonesia semakin diminati oleh orang-orang asing atau orang luar negeri. Pada umumnya kemampuan berbahasa Indonesia, meliputi empat kemampuan, yaitu kemampuan berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Empat komponen kemampuan tersebut tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya kerena saling berhubungan. Untuk mewujudkan suasana dan proses pembelajaran keterampilan berbahasa pada perserta didik secara aktif dan menyenangkan bagi siswa khusus mahasiswa asing maka guru dapat menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. karena model yang dipilih guru dalam proses pembelajaran sangat menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satunya menerapkan metode Mind Mapping dalam kegiatan menulis karangan. Melalui Mind Mapping siswa lebih mudah dalam mengorganisasikan pikirannya untuk dituangkan dalam bentuk tulisan narasi.
Kata kunci : Metode Mind Mapping , keterampilan menulis, mahasiswa asing