ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
MENGOPTIMALKAN BERPIKIR KRITIS DENGAN BAHAN AJAR MEMBACA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH
Muhamad Yasin
Endah Tri Priyatni
Suyono
Universitas Negeri Malang
Email: moeh_yasin@yahoo.com
ABSTRAK: Kemampuan berpikir kritis siswa penting untuk dioptimalkan dengan tujuan (1) siswa mampu memecahkan masalah dan mampu mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah sesuai dengan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman mereka, (2) siswa mampu menemukan berbagai informasi dengan benar di tengah-tengah banyaknya informasi di era global ini yang bisa mereka akses setiap saat dari berbagai sumber, (3) siswa akan memiliki pemahaman yang mendalam terhadap meteri pelajaran. Melalui kemampuan berpikir kritis, siswa diberi kesempatan menggunakan pikiran pada tingkatan yang lebih tinggi. Untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis ini maka siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran membaca, harus diarahkan untuk lebih memberdayakan kemampuan berpikirnya. Berbagai cara dapat digunakan untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa, satu di antaranya adalah dengan menggunakan bahan ajar membaca berbasis pemecahan masalah.
Kata kunci: berpikir kritis, bahan ajar membaca berbasis pemecahan masalah.