RESPON VERBAL SISWA DALAM INTERAKSI KELAS SISWA KELAS XI SMK

 

Muhammad Zulmi Agung

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

E-mail : saxonguarantee@gmail.com

 

ABSTRAK: Kekerasan verbal merupakan hal yang seringkali muncul pada pendidikan dan hal itu merupakan tindak kekerasan yang terjadi pada anak-anak usia dini hingga remaja. Kenyataan dilapangan kekerasan verbal dapat berupa caci maki teman, caci maki dari siswa kepada guru, hingga respon negatif yang di berikan guru ketika siswa bertanya. Gejala yang ditimbulkan dari kekerasan verbal sangatlah bervariatif mulai dari anak kurang percaya diri hingga, putus asa, tidak masuk sekolah, atau tidak ingin dengan berinteraksi dengan teman sebayanya. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bentuk tutur respon verbal siswa dalam interaksi kelas siswa, dan hal itu ditentutukan sebagai temuan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan problem-based learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Akutansi tahun 2015-2016 serta penentuan sampel dilakukan secara menyeluruh.

 

Kata kunci : Persepsi, tutur respon verbal, gejala