ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
PETA PIKIRAN DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI
Aji Septiaji
Universitas Majalengka
Email: ajiseptiaji@gmail.com
.
Abstrak: Menulis secara aktif turut melibatkan beberapa unsur, yaitu: penulis sebagai penyampaian pesan, isi tulisan, saluran atau media, dan pembaca. Pada makalah ini penulis menemukan beberapa faktor permasalahan, ialah peserta didik kurang peka terhadap fenomena yang terjadi sehingga sulit menemukan permasalahan dasar dalam menulis; peserta didik merasa bosan dalam menulis karena kurang menyerap dan memahami informasi yang diperoleh baik dari simakan atau bacaan, dan sulit dalam mengembangkan ide yang dituangkan dalam bentuk kalimat/paragraf atau ke dalam bentuk teks yang utuh terutama teks argumentasi. Tulisan sebagai media komunikasi perlu dibina secara sungguh-sungguh kepada peserta didik dan keterampilan menulis harus ditumbuhkan secara terencana. Guna mengatasi faktor permasalahan tersebut, maka penulis memanfaatkan media pembelajaran peta pikiran digital (iMindMap) sebagai solusi kreatif. Bentuk media pembelajaran tersebut berupa perangkat lunak (software) dari model pembelajaran Mind Map yang membantu peserta didik memahami secara komprehensif dengan cara yang menyenangkan, sehingga lebih dapat memberdayakan kecerdasaran ilmu pengetahuan khususnya pengembangan keterampilan menulis. Peserta didik bukan hanya terampil dalam mengelola informasi berdasarkan fakta, memiliki argumen, dan berpikir kritis, melainkan memiliki kemampuan berpikir kreatif yang diintegrasikan dengan media pembelajaran.
Kata Kunci: peta pikiran digital, media pembelajaran, keterampilan menulis, teks argumentasi