ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
MEMBANGUN SEBUAH PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Titi Setiyoningsih
Universitas Sebelas Maret
E-mail: titisetiyoningsih@yahoo.co.id
ABSTRAK: Artikel makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai upaya membangun sebuah perkembangan pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal yang dikaji antara lain keutamaan menulis dengan pendekatan proses dan pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek dengan pendekatan proses. Hasil analisisnya adalah pembelajaran menulis cerita pendek diutamakan dikembangkan dengan pendekatan proses sehingga penilaian difokuskan pada proses menulis siswa serta produk akhir berupa tulisan dan selama kegiatan menulis guru memberikan balikan. Model pembelajaran menulis dengan pendekatan proses meliputi beberapa tahapan, yakni pramenulis, menulis draft, merevisi, menyunting, dan mempublikasi.
Kata kunci: perkembangan belajar, pendekatan proses, menulis cerita pendek.