ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN APRESIASI LEGENDA DENGAN METODE PENGAJARAN RESPONSIF BUDAYA UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 5 KARANGPLOSO
Diah Erna Triningsih
SMPN 1 Karangploso
Jalan PB. Sudirman no 49 Karangploso, Kabupaten Malang
Email: alifahzhafira@gmail.com
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode pengajaran responsif budaya dalam pembelajaran apresiasi legenda. Hal tersebut dilakukan dengan cara membandingkan pembelajaran apresiasi legenda dengan menggunakan perbandingan hasil tes awal dan tes akhir setelah perlakuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one group pretest posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang diperoleh dari selisih tes awal dan tes akhir kemampuan mengapresiasi legenda. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf kepercayaan 5% yang menunjukkan harga uji-t dari nilai perolehan kemampuan mengapresiasi legenda yaitu t hitung = 2,172 lebih besar dari t tabel = 2,000. Dari hasil uji hipotesis tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pengajaran responsif budaya efektif meningkatkan kemampuan mengapresiasi legenda pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Karangploso tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: efektivitas pembelajaran, apresiasi legenda, pengajaran responsif budaya