STRUKTUR PERSUASI DALAM ADVERTORIAL MEDIA MASSA

 

Martutik

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: martutik.fs@um.ac.id

 

Abstrak: Isi pesan dalam advertorial perlu disusun dan diatur sehingga memiliki daya persuasi. Penyajian pesan yang terstruktur akan lebih efektif daripada penyajian pesan yang tidak terstruktur. Kajian ini bertujuan untuk menjelaskan struktur pesan persuasif dalam iklan advertorial media massa cetak. Berdasarkan unsur pembentuk stuktur, diketahui ada 4 struktur pengembangan bagian teks isi advertorial dengan pola alamiah dan logis, yaitu (a) masalah-penyelesaian, (b) kondisi ideal-pencapaiannya, (c) kondisi ideal-realisasi, dan (d) pengakuan-tindak lanjut. Struktur isi pesan yang berpola alamiah dan logis digunakan sebagai pembentuk teks agar pesan yang disajikan terasa wajar dan masuk akal. Dengan demikian, pembaca diharapkan menerima pesan yang disajikan sebagai suatu kebenaran yang tidak perlu dipertanyakan.

 

Kata kunci: struktur pesan persuasif, iklan advertorial, media massa

 

× How can I help you?