ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
PEMBELAJARAN MEMBACA KREATIF CERPEN BERMUATAN NILAI BUDAYA UNTUK SISWA SMP
Moch Arif Bina Mandra
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: Arif.bina@gmail.com
ABSTRAK: Proses belajar mengajar merupakan kegiatan aktif siswa dalam membangun makna atau pemahaman mengenai suatu hal melalui sekolah. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan salah satunya yakni keterampilan membaca. Membaca merupakan suatu kegiatan yang melibatkan banyak hal, tidak hanya sekedar melafalkan tulisan tetapi juga melibatkan aktivitas visual, berpikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Salah satu kegiatan membaca yakni membaca kreatif, kemampuan membaca kreatif merupakan tingkatan tertinggi dari kemampuan membaca seseorang. Artinya, pembaca tidak hanya menangkap makna tersurat, makna antarbaris, dan makna di balik baris, tetapi juga mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya untuk kepentingan sehari-hari. Salah satu bahan bacaan yang dapat meningkatkan daya kreatif anak adalah cerpen. Cerpen merupakan narasi atau karangan fiksi yang ceritanya pendek dan bersifat menghibur. Nilai budaya dapat menjadi batu pijakan dalam pembelajaran mambaca karena dapat meningkatkan rasa cinta terhadap budaya daerah. Pembelajaran membaca kreatif cerpen bermuatan nilai-nilai budaya ini dapat menjadikan peserta didik lebih mengenal budaya derta nilai yang terkandung dalam budaya tersebut. Selain itu pembelajaran membaca kreatif cerita pendek efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca.
Kata kunci: pembelajaran, membaca kreatif, cerpen, nilai budaya.