ABSTRAK PROSIDING SEMINAR NASIONAL NITISASTRA 1
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG BERMUATAN KEARIFAN LOKAL
Prima Zulvarina
Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang
Email: primazulvarina@gmail.com
ABSTRAK : Penelitian dan pengembangan media pembelajaran menyimak dongeng bermuatan kearifan lokal bertujuan menghasilkan produk media pembelajaran menyimak dongeng bermuatan kearifan lokal dan buku petunjuk penggunannya dalam pembelajaran menyimak. Selain itu, menguji kelayakan media pembelajaran menyimak dongeng yang telah dihasilkan serta buku petunjuk penggunaannya dalam pembelajaran dongeng bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP. Penelitian dan pengembangan menggunakan pendekatan Recursive, Reflective, Design, and Development atau disingkat R2D2 yang memiliki tiga fokus pengembangan. Ketiga fokus tersebut adalah fokus penetapan, fokus desain dan pengembangan, dan fokus diseminasi. Pada fokus desain dan pengembangan dilakukan modifikasi dengan menambahkan uji coba lapangan untuk menghasilkan produk yang maksimal. Hasil penelitian yang diperoleh yakni: pertama, penilaian yang diberikan oleh ahli pembelajaran menyimak sastra diperoleh rata-rata 82,95%, ahli media pembelajaran diperoleh rata-rata 79,55%, ahli praktisi atau guru diperoleh 84,09%, dan uji coba kepada siswa diperoleh rata-rata 82,62%. Kedua, media pembelajaran menyimak dongeng direvisi sesuai dengan saran, masukan, serta komentar dari para ahli dan uji lapangan. Perbaikan tersebut meliputi perbaikan teknis dan perbaikan isi media berupa penambahan pemetaan kearifan karakter tiap dongeng secara jelas. Perbaikan pola pelatihan pascamenyimak berisi apresiasi prosa fiksi/dongeng, apresiasi berbasis pendidikan karakter, dan refleksi diri: integrasi apresiasi dan pendidikan karakter. Penambahan bimbingan menyimak sebelum melakukan latihan menyimak dengan menggunakan satu dongeng untuk bimbingan menyimak siswa.
Kata kunci : menyimak, media pembelajaran, dongeng, kearifan lokal