KEARIFAN LOKAL DALAM KUMPULAN CERPEN KARYA SISWA

 

Reni Ike Sulistyowati

Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5 Malang

Email: reniahtasyafi@yahoo.com

 

ABSTRAK: Cerpen mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting dalam masyarakat pendukungnya karena banyak memuat nilai-nilai luhur. Penanaman nilai-nilai luhur membentuk watak serta peradaban masyarakat yang bermartabat sebagai bekal dalam memahami diri, sosial, dan persoalan-persoalan kehidupan lain. Cerpen yang diproduksi oleh siswa memuat nilai-nilai kearifan lokal yang beragam. Nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan menjadi acuan dalam bertingkah laku sehari-hari masyarakat setempat mampu dihadirkan siswa dalam alur cerita yang unik dan menarik. Nilai kearifan lokal memiliki peranan penting dalam upaya mewujudkan sebuah masyarakat yang ditandai dengan adanya keluhuran budi dalam individu, keadilan dalam negara, dan sebuah kehidupan yang lebih bahagia dari setiap individu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan muatan kearifan lokal yang terdapat dalam kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan untuk penelitian ini berupa paparan kebahasaan tertulis dalam cerpen siswa berupa paparan naratif dan kalimat percakapan (dialog). Sumber data berupa kumpulan cerpen karya siswa kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Teknik analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam kumpulan cerpen siswa mengangkat kearifan lokal berupa norma-norma lokal terkait pantangan dan kewajiban, ritual dan tradisi masyarakat, musik dan lagu-lagu rakyat, pakaian dan makanan.

 

Kata kunci: kearifan lokal, cerpen siswa.