Manajemen Pendidikan (MPD)

RASIONAL PROGRAM

Kajian pustaka, bukti penelitian, dan pengalaman menunjukkan bahwa mutu dan produktivitas lembaga persekolahan khususnya dan lembaga pendidikan, sangat ditentu­kan oleh kualitas kepemimpinan, manajemen dan sistem lembaga yang bersangkutan. Pengaruh dan kemampuan strategic ini perlu dimiliki dan diwujudkan dalam unjuk kerja setiap tenaga di bidang manajemen pendidikan. Sejalan dengan Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Bab XIV tentang Pengelolaan Pendidikan, Pasal 51 Ayat (1) dan (2) bahwa pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan mene­ngah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dangan prinsip manajemen berbasis sekolah; sementara pengelolaan satuan pendidikan tinggi dilaksanakan ber­dasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan.

Guna memenuhi tuntutan legal perundangan dan rasa tanggungjawab untuk me­nyiapkan tenaga kependidikan yang berkualitas, Program Studi Manajemen Pendidikan mengambil peransertanya. Di samping itu untuk menghasilkan ilmuwan dan atau tenaga profesional yang berkeahlian di bidang manajemen pendidikan, baik sebagai ilmu maupun sebagai bekal profesional, perlu diorganisasikan dalam satu wadah program studi yang mengembangkannya. Pemerolehan keluasan ilmiah, termasuk pengadaptasian dan atau pengujian berbagai teori, konsep, dan proposisi manajemen pendidikan dalam latar nilai dan budaya ke-Indonesiaan, dan demi peningkatan layanan manajemen pendidikan di semua jenis dan jenjang pendidikan untuk jangka panjang tidak lagi dapat diselenggarakan hanya me­lalui crash program, misalnya melalui penataran dan latihan. Melainkan, perlu dise­lenggarakan sebuah program yang dapat membekali tenaga kependidikan untuk mewu­judkan satuan pendidikan yang dikelola secara sistemik, sistematik, dan ilmiah. Dalam rangka penerapan manajemen strategik melalui Total Quality Management dan kebijakan penerapan School-Based Quality Improvement Management atau manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Indonesia, disadari pentingnya ilmu manajemen pendidikan pada satuan pendidikan dan di berbagai lembaga pengelola pendidikan. Untuk itu ilmu manajemen pendidikan harus terus dikaji dan dikembangkan pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

Atas dasar paparan tersebut di atas Program Magister dan Program Doktor Manajemen Pendidikan dirancang dan diselenggarakan pada Program  () Uni­versitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen Pendidikan  UNIVERSITAS NEGERI MALANG diselenggarakan atas dasar komitmen dan tanggung jawab untuk memberikan kontribusi dalam:

  1. Memajukan, mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi se­suai dangan tuntutan dan kebutuhan masyarakat;
  2. Menyediakan layanan dalam menghasilkan tenaga akademik dan/atau profesional dalam bidang manajemen pendidikan yang bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa, bersikap terbuka, jujur, memiliki komitmen untuk merespon permasalahan kehidupan dan pendidikan yang berkembang di masyarakat dengan dilandasi budaya kerja sinergis yang menghargai belajar, tanggungjawab, budaya kreatif, dan nilai-nilai keadilan, kedamaian, kesatuan dan kemanusiaan dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.
  3. Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3), secara utuh meng­awal pengkajian dan pengembangan ilmu Manajemen Pendidikan yang dibuka berdasarkan Surat Kepu­tusan Presiden RI Nomor 60 tahun 1982, tanggal 7 September 1982.
  4. Program Studi Manajemen Pendidikan, yang sebelumnya di Universitas Negeri Malangnya dikenal dangan nama Program Administrasi Pendidikan, pelaksanaannya dimulai sejak tahun 1980. Na­mun secara kelembagaan legalistik pemberian ijin penyelenggaraannya dapat dilihat dalam Surat Kepu­tusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 202/Dikti/Kep/1994, Tanggal 28 Juli 1994. Ijin penyelenggaraan tersebut secara utuh juga meliputi program studi lainnya, yang berarti mencakup pula Program Studi Manajemen Pendidikan.

VISI

Visi Program Studi Manajemen Pendidikan adalah menjadikan program studi manajemen pendidikan sebagai pendidikan unggulan dan rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan, pengkajian, dan pengem­bangan ilmu manajemen pendidikan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang kompetitif di era global.

RUniversitas Negeri Malangusan visi tersebut merupakan penjabaran dari visi Program  Universitas Negeri Malang, yakni: menjadikan Program  sebagai pusat ung­gulan dan lembaga rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang relevan dangan kebutuhan pembangunan.

MISI

Misi Program Studi Manajemen Pendidikan adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang Manaje­men Pendidikan. Untuk menghasilkan sUniversitas Negeri Malangber daya manusia (SDM) yang handal dan profesional yang dapat membangun dan mengem­bangkan lembaga pendidikan melalui manajemen pendidikan modern yang memiliki landasan teori dan praktik, serta memiliki landasan saintifik.
  2. Mewujudkan berbagai kegiatan akademik yang mampu mempersiap­kan kepemimpinan pendidikan dan manajer pendidikan yang memi­liki kompetensi kepemimpinan, supervisi, dan manajemen pendidikan serta keterampilan manajemen pendidikan (konseptual, teknis dan hubungan insani) untuk mengefektifkan penca­paian dan perwujudan tujuan pendidikan nasional.
  3. Melaksanakan crash program yang dapat membangun SDM yang mampu menterjemahkan manajemen pendidikan yang bersifat sentralistik ke manajemen pendidikan yang bernuansa desentralistik dalam era otonomi daerah, dengan tetap memperhatikan sistem manajemen pendidikan Indonesia sebagai satu keutuhan dan ke­satuan.
  4. Meningkatkan mutu, relevansi, dan daya saing melalui pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu dan pengabdian kepada masyara­
  5. Membangun organisasi program studi yang sehat dalam rangka penguatan tata kelola, tranparansi, dan pencitraan publik agar menjadi program studi yang handal dan akuntabel.

TUJUAN

Tujuan program studi doktor pada program studi manajemen pendidikan adalah:

  1. Menyiapkan tenaga pemikir, peneliti dan pengembang yang mampu mengidentifikasi/mengembangkan teori, konsep dan proposisi dalam manajemen pendidikan, sebagai landasan pemahaman dan penyeleng­garaan kelembagaan dalam sistem pendidikan nasional.
  2. Menyiapkan/meningkatkan kemampuan praktisi kepemimpinan dan pengelolaan, baik dalam fungsi lini maupun staf, pada berbagai jenis dan jenjang pekerjaan yang ada atau dibutuhkan dalam sistem pendi­dikan nasional.
  3. Menyiapkan tenaga ahli/konsultan dalam perencanaan dan pengem­bangan personel termasuk penyelenggaraan pendidikan dan latihan dalam berbagai lembaga atau pekerjaan.
  4. Menghasilkan tenaga dosen dengan kualifikasi penuh pada jenjang Magister atau jenjang di bawahnya yang menyelenggarakan program studi dalam bidang yang sama atau yang menyajikan matakuliah/ pengalaman belajar tertentu dalam manajemen pendidikan.

KOMPETENSI LULUSAN

Selain memenuhi persyaratan kompetensi bagi lulusan Program Magister program studi Manajemen Pendidikan, lulusan Program Doktor Manajemen Pendidikan diharapkan memiliki pula kompetensi tambahan/ lanjutan sebagai berikut:

  1. Memahami secara mendalam berbagai konsep dan prinsip manajemen pendidikan yang mendasari keseluruhan proses penyelenggaraan sistem pendidikan, serta mampu mengkaji secara kritis penerapan konsep dan prinsip tersebut dalam latar penyelenggaraan sistem pendidikan nasional.
  2. Melihat dan memahami secara luas dan mendalam realitas fisik dan psikologis penyelenggaraan pendidikan di Indonesia dengan berbagai problem dan isu terkaitnya, serta mampu menemukan pilihan para­digma manajemen yang lebih sesuai sebagai landasan pemahaman dan penyelenggaraan sistem pendidikan.
  3. Memahami dangan baik landasan dan proses penelitian ilmiah serta mampu mengaplikasikannya dalam menguji berbagai konsep dan prinsip manajemen pendidikan atau menemukan dan mengembang­kan konsep dan prinsip yang baru.

Informasi tentang Program Studi S3 Manajemen Pendidikan, dapat diunduh disini.