S3 Teknologi Pembelajaran

SEJARAH

Sejak tahun 1968 Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan pendidikan formal bagi sarjana-sarjana yang ingin memperoleh gelar doktor pendidikan, dengan nama Program Pendidikan Sarjana Purna, yang selanjutnya diintegrasikan ke dalam Program Studi Pendidikan Doktor (PSPD). Program Doktor dibuka pada tanggal 1 Februari 1977. Tiga tahun kemudian juga dibuka Program Pendidikan Magister. Berdasarkan Kepres RI No.60 Tahun 1982, tanggal 7 September 1982, Program Pendidikan Doktor secara resmi diubah menjadi Program Pendidikan Pascasarjana dan Doktor. Dengan SK Mendikbud No. 0146/0/1983, tanggal 5 Maret 1983, Program Pascasarjana dan Doktor ditetapkan menjadi Fakultas Pascasarjana (FPS). Berdasarkan P.P. No. 30 Tahun 1990, dan Kepmendikbud No. 0311/0/1991 FPS diubah lagi statusnya menjadi Program Pascasarjana (Pascasarjana) yang meliputi Program Magister dan Program Doktor yang tetap berlaku sampai sekarang. Sampai akhir Semester Genap tahun kuliah 2007/2008 Pascasarjana UM telah meluluskan 374 orang Doktor dan 2548 orang Magister Pendidikan.

Berdasarkan SK Rektor No 01/2010 tanggal 4 Januari 2010 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Pascasarjana, salah satunya mengatur pengelolaan program S1, S2, dan S3 monodisiplin dalam satuan pengelolaa di dalam satu jurusan. Sejak saat itulah penyelenggaraan program studi Teknologi Pembelajaran baik S2 maupun S3 dikelola secara terintegrasi dengan program S1 (Teknologi Pendidikan) dengan tetap mempertahankan nama program masing-masing.

VISI

Menjadi perguruan tinggi unggul dan rujukan dalam dalam penye­lenggaraan tridharma perguruan tinggi.

MISI

Misi Program Studi Teknologi Pembelajaran (TEP), Universitas Negeri Malang (UM) adalah: 1) menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan teknolog pendidikan/ pembelajaran, tenaga pendidik, dan kependidikan yang unggul dan memiliki daya saing yang tinggi. 2) menyelenggarakan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknologi pendidikan/pembelajaran untuk menghasilkan karya akademik yang unggul dan menjadi rujukan, dan 3) menerapkan berbagai hasil karya dalam bidang teknologi pendidikan/ pembelajaran untuk memberdayakan masyarakat.

TUJUAN

Untuk mewujudkan visi dan misi di atas, program studi Teknologi Pembelajaran dalam konteks kegiatan ilmiahnya senantiasa memadukan landasan ilmiah (scientific), seni (art), dan pembaharuan sosial (social innovation) dalam memecahkan masalah pendidikan/pembelajaran dan untuk memfasilitasi belajar.

Tujuan Program Studi S3 TEP Pascasarjana Universitas Negeri Malang adalah menghasilkan lulusan yang unggul dan memiliki daya saing:

  • Menguasai pengetahuan untuk menghasilkan, menggunakan, menilai dan mengelola proses dan penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran secara teori dan praktik.
  • Mengembangkan diri sebagai praktisi yang dapat menerapkan teknologi dan proses pendidikan / pembelajaran berdasarkan konten dan pedagogy mutakhir
  • Memfasilitasi pembelajaran melalui menciptakan, menggunakan, mengevaluasi dan mengelola lingkungan belajar yang efektif.
  • Merancang, mengembangakan, menerapkan dan mengevaluasi lingkungan belajar yang kaya dengan teknologi di dalam komunitas pengguna secara sportif
  • Melakukan eksplorasi, evaluasi, mensistesis dan penerapan metodi inkuiri/ penelitian dalam meningkatkan pembelajaran dan memperbaiki unjuk kerja.

KOMPETENSI LULUSAN JENJANG S2

Standar kompetensi bagi lulusan Program Magister dan Doktor program studi Teknologi Pembelajaran, mencakup standar-standar kompetensi sebagai berikut, yaitu: 1) Pengetahuan Isi, yaitu bahwa mahasiswa menunjukkan pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan, menggunakan, menilai dan mengelola aplikasi secara teoretik dan praktik teknologi dan proses-proses pendidikan; 2) Pedagogi Isi, yakni bahwa mahasiswa mampu mengembangkan diri sebagai praktisi untuk menunjukkan implementasi teknologi dan proses-proses pendidikan  secara efektif berdasarkan isi dan pedagogi masa kini; 3) Lingkungan Belajar, yakni bahwa mahasiswa mampu memfasilitasi belajar melalui menciptakan, menggunakan, menilai dan mengelola lingKungan belajar secara efektif; 4) Pengetahuan dan Keterampilan Profesional, yakni bahwa mahasiswa mampu merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan menilai lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktik yang mendukung; dan 5) Penelitian atau Riset, yakni bahwa mahasiswa mampu melakukan eksplorasi, evaluasi, sintesis, dan menerapkan metode-metode penemuan untuk meningkatkan belajar dan mengembangkan unjuk kerja.

Informasi tentang Program Studi S3 Teknologi Pembelajaran, dapat diunduh disini.