S2 Pendidikan Ekonomi

VISI

Menjadi program studi Magister (S2) yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di bidang pendidikan ekonomi.

 

MISI

Menyediakan fasilitas akademik kepada calon Magister Pendidikan Ekonomi untuk mewujudkan komitmennya terhadap visi program studi melalui penyelenggaraan kegiatan tri darma perguruan tinggi yang terpadu dan berkelanjutan sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran secara efektif dengan kurikulum sesuai jenjang kualifikasi magister (jenjang 8 KKNI), perangkat pembelajaran inovatif, dan pelaksanaan pembelajaran dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian bagi pengembangan pengetahuan, teknologi, dan inovasi pembelajaran, serta pemecahan berbagai permasalahan dalam pendidikan ekonomi secara inter atau multidisipiner dalam pendidikan ekonomi;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan ekonomi pada berbagai jalur dan jenjang pendidikan yang relevan; dan
  4. Menyelenggarakan tata pamong program studi pendidikan ekonomi yang efektif, transparan, dan akuntabel.

 

TUJUAN

Tujuan Progran Studi Magister Pendidikan Ekonomi sesuai dengan misi yang dikembangkan dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. Meluluskan Magister Pendidikan Ekonomi yang memiliki karakter sebagai pemikir, perekayasa, dan spesialis profesional dan akademis dalam pendidikan ekonomi.
  2. Menghasilkan karya ilmiah unggulan berbasis penelitian dalam pendidikan ekonomi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat terkait pendidikan ekonomi di berbagai jalur dan jenjang pendidikan.
  4. Mencapai kinerja pengeloaan program studi pendidikan ekonomi yang efektif, transparan dan akuntabel.

 

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi lulusan Program Studi Magister Pendidikan ekonomi dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Kritis (peka dan responsif) terhadap dinamika praktik pendidikan ekonomi nasional.
  2. Kreatif dan produktif dalam memikirkan, merekayasa, dan memrak­tikkan pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada pembangunan nasional menurut amanat Undang-Undang Dasar 1945, melalui proses:
    1. menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan ekonomi melalui penalaran dan penelitian ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
    2. mengembangkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang pendidikan ekonomi melalui penelitian ilmiah, atau menghasilkan karya desain beserta konsep kajian yang didasarkan pada kaidah desain yang disusun dalam bentuk tesis;
    3. memublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan ekonomi pada jurnal ilmiah yang terakreditasi di jenjang nasional maupun internasional;
    4. memahami dan mengomunikasikan ide dan argumen yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat terutama masyarakat akademik dengan menggunakan bahasa nasional dan Bahasa Inggris;
    5. mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian untuk keperluan penelitian lanjutan;
    6. meningkatkan kapasitas pembelajaran mandiri;
    7. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
    8. melaksanakan penelitian bidang pendidikan ekonomi berbasis peta penelitian, dengan pendekatan inter atau multi disipliner, baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan lembaga lain; dan
    9. mengidentifikasi bidang keilmuan obyek penelitiannya dan memosisikan ke dalam suatu peta penelitian.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sesuai dengan konsepsi dalam KKNI, capaian pembelajaran dimaknai sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi dan akumulasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi dan pengalaman kerja, maka uraian capaian pembelajaran untuk Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi akan diuraikan berdasar penguasaan pada aspek pengetahuan, sikap, keterampilan. Aspek kompetensi telah dipaparkan pada kompetensi lulusan, sedang pengalaman kerja relevan bagi jalur pelatihan bukan pendidikan.

  1. Pengetahuan
    1. Menguasai teori-teori pendidikan, metode penelitian pendidikan dengan berbagai pendekatan;
    2. Menguasai hakekat, kebermaknaan dan wawasan pendidikan ekonomi pada berbagai jalur dan jenjang pendidikan;
    3. Menguasai teori dan konsep tentang pengembangan dan analisis kurikulum, serta analisis dan evaluasi praktek pendidikan ekonomi;
    4. Menguasai teori dan konsep tentang pendekatan, strategi, dan teknik pengembangan, serta rancangan inovatif pembelajaran ekonomi; dan
    5. Menguasai teori dan konsep keilmuan ekonomi dan wawasan tentang perekonomian Indonesia.
  1. Sikap
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
    3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
    4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
    6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  1. Keterampilan
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam pendidikan ekonomi melalui penelitian ilmiah, dan penyusunan konsepsi ilmiah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, serta memublikasikannya dalam jurnal dan/atau presentasi ilmiah tingkat nasional maupun internasional;
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan ekonomi dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
    3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengomunikasikannya melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
    4. Mampu mengidentifikasi masalah dalam pendidikan ekonomi, sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dalam pendidikan ekonomi yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran ekonomi di berbagai jalur dan jenjang pendidikan berbasis ekonomi kerakyatan;
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam dan di luar lembaga, komunitas penelitian, dan organisasi profesi pendidikan ekonomi;
    7. Mampu meningkatkan kapasitas melalui pembelajaran mandiri; dan
    8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
× How can I help you?