Sabtu (04/02/2017) Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang mengadakan konferensi bertajuk National English Language Teaching in Secondary Education (NELTISE) Conference 2017 dengan tema ELT in Secondary Education: Current Trends and Issues. Konferensi ini berfokus pada pembelajaran bahasa Inggris di jenjang pendidikan menengah dan dilaksanakan di gedung Pascasarjana Universitas Negeri Malang pada pukul 08.00 s.d. 15.30 WIB. Seminar ini dihadiri oleh kurang lebih 104 pemakalah dan 45 peserta.

Pada tahun ini, NELTISE Conference 2017 menghadirkan dua (2) pemakalah utama (plenary speakers) yaitu Prof. Bambang Yudi Cahyono, Ph.D (Guru Besar Universitas Negeri Malang) dan Rida Afrilyasanti, M.Pd. (guru bahasa Inggris SMA Negeri 8 Malang). Pada kesempatan ini, pada sesi plenary pertama Prof. Bambang Yudi Cahyono, Ph.D menyampaikan paper berjudul “Indonesian EFL Secondary School Teachers’ Perceptions on How In-service Education Teaching Practices Improved Their Competences”. Beliau memaparkan tentang persepsi guru-guru bahasa Inggris SMP/SMA/SMK mengenai bagaimana mereka memandang program pendidikan guru dalam jabatan (in-service education). Beliau juga memaparkan bahwa pada umumnya praktik program pendidikan guru dalam jabatan mengembangkan guru secara professional, pedagogis, personal, dan sosial.

Sedangkan pada plenary kedua, Rida Afrilyasanti, M.Pd. memaparkan sebuah paper berjudul Where Do We Stand? EFL Teachers’ Roles in Online Forum Discussions”. Beliau memaparkan bagaimana Online Forum Discusion memfasilitasi guru untuk memperluas kelas bahasa mereka dan melengkapi intreraksi tatap muka.  Penelitian beliau berfokus pada postingan guru- guru dalam forum diskusi.

1

ping universitas negeri malang

Penulis : Handoko Pendidikan Bahasa Inggris 2016

× How can I help you?